Inilah Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

KURMA atau dalam nama Latin Phoenix Dactylifera adalah jenis tanaman palma yang buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia pada awal 4000 SM.

Kurma juga telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM.

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Buah Kurma ini sendiri, sekarang banyak dijumpai di toko-toko swalayan dan tempat-tempat lain di Indonesia, terutama ketika bulan puasa.

Nah, bicara soal buah yang satu ini, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah:

  1. Sumber Energi yang Baik
  2. Kurma Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak
  3. Membantu Meringankan Sembelit
  4. Bantuan dari Gangguan Usus
  5. Membantu Meringankan Anemia
  6. Cegah Penyakit Jantung
  7. Mengobati Lemah Syahwat
  8. Mencegah Rabun Senja

Selain buahnya yang kaya manfat, ternyata biji kurma juga memiliki manfaat. Selain direndam dari bawah ke atas untuk dijadikan pakan ternak, minyaknya juga cocok untuk digunakan dalam bentuk sabun dan kosmetik. Biji kurma juga dapat diolah secara kimia sebagai sumber asam oksalat. Benih-benihnya juga dibakar untuk membuat arang oleh pandai perak dan dapat dirangkai menjadi kalung. Biji kurma juga bisa digunakan pada olahan biji kopi atau sebagai bahan tambahan untuk kopi.

Red/berbagai sumber

Penulis: 
    author

    Posting Terkait