Sambut Puasa, Warga Keramas Bareng di Cisadane

Keramas bareng di Sungai Cisadane (FOTO. Dok. Humas Pemkot Tangerang)

KERAMAS bareng di Sungai Cisadane, Kota Tangerang menjadi tradisi warga sekitar sungai tersebut dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Tradisi yang diikutioleh anak-anak, remaja, dewasa hingga orang-orang tua ini, diyakini warga sebagai bagian dari menyucikan diri dan mempererat silaturahmi sebelum puasa.

Camat Tangerang, Agus Henra menjelaskan, kegiatan keramas warga ini menggunakan shampo yang terbuat dari merang alias batang padi dan telah diinapkan selama tiga hari.

“Ini sudah menjadi tradisi warga dan telah dilakukan puluhan tahun lalu, maka ke depannya akan dipertahankan dan warga juga semakin erat jalinan silaturahmi,” ujar Agus Henra, Sabtu 4 Mei 2019.

Menurut Agus, kegiatan ini telah menarik perhatian masyarakat dari luar daerah sehingga bagian dari wisata lokal.

“Tradisi yang menjadi aset wisata lokal dan telah ditunggu banyak orang untuk menyaksikan, sebab ada kebersamaan dan suka cita warga dalam menyambut bulan suci Ramadhan,” katanya.

Keramas bareng di Sungai Cisadane kali ini, diikuti oleh ratusan warga di sekitar bantaran sungai yang membelah Kota Tangerang tersebut.

Indah, warga Babakan mengataka jika dirinya baru dua kali mengikuti kegiatan ini sejak tahun lalu dan merasa senang, sebab warga semuanya berbaur dalam suka cita menyambut Ramadhan.

“Meski keramasnya di sungai Cisadane tetapi tak khawatir dengan gatal-gatal, bahkan seperti mandi di rumah saja,” ucapnya.

Red

Penulis: 
    author

    Posting Terkait