oleh

5 Makanan Favorit Bung Karno


Rawon menjadi salah satu makanan favorit Bung Karno, bahkan menjadi makanan jamuan negara pada era Bung Karno..

SOEKARNO atau Bung Karno adalah salah satu tokoh besar Indonesia yang memiliki pengaruh di dunia Internasional pada masanya. Bung Karno juga memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, yaitu sebagai Plokamator, sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia (RI).

Bung Karno tidak saja dikenal sebagai tokoh politik dan pergerakan yang cukup disegani kala itu, tapi juga sebagai inspirator yang memiliki jiwa seni tinggi. Berbagai ide dan gagasannya yang hingga saat ini masih monumental adalah Tugu Monumen Nasional (Monas), Gelora Bung Karno, Gedung DPR RI, Patung Pancoran serta beberapa patung dan monumen di Jakarta.

Di balik kepiawaiannya di bidang seni serta kecerdasaannya dalam melakukan pergerakan saat merebut kemerdekaan, Bung Karno memiliki sisi lain yang unik, dan tidak banyak diketahui oleh banyak orang, yaitu soal kuliner.

Pencetus konsep mengenai Pancasila, yang saat ini menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, memiliki beberapa kuliner atau makanan fovorit, diantaranya adalah:

1.Nasi Jagung

Nasi Jagung.

Nasi Jagung dikenal sebagai makanan pokok orang Madur, Jawa Timur. Namun, meskipun bukan orang Madura, Bung Karno sangat menyukai Nasi Jagung. Bung Karno kerap menyantap nasi jagung ini untuk sarapan pagi. Menurut Bung Karno, jagung melambangkan dunia tani, yang jika dibandingkan dengan nasi, jagung memiliki kekuatan. Jagung lebih menyehatkan ketimbang beras atau roti, kata Bung Karno.

2. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh.

Sayur Lodeh merupakan masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah. Sayur Lodeh bisanya terdiri dari tomat, wortel, terong ungu, terong hijau, oyong, kacang panjang, melinjo, serta santan kelapa. Sayur Lodeh ini juga menjadi salah satu makanan fovorit Bung Karno. Bagi Bung Karno Sayur Lodeh menjadi tandem yang sempurna bersama dengan nasi jagung. Sangking sukanya degan sayur lodeh, Bung Karno tak ragu mengundang tamu kenegaraannya ikut menyantap sayur lodeh bersama.

3. Sate

Sate.

Sate juga menjadi salah satu kuliner favorit Sang Plokamator. Dari berbagai sumber menyebutkan, kegemaran Bung Karno dengan kuliner sate ini terungkap pada 18 Agustus 1945, yaitu satu hari setelah ia bersama Bung Hatta memproklamikan kemerdekaan Republik Indonesia. Kalau itu Bung Karno memerintahkan ajudannya untuk membelikan sate, dan menyantapnya bersama-sama.

4. Bagar Hiu

Bagar Hiu.

Selain Nasi Jagung, Sayur Lodeh dan sate, Bagar Hiu juga menjadi salah satu makanan kesukaan Bung Karno. Bagar Hiu merupakan salah satu kuliner khas masyarakat Bengkulu, daerah asal Fatmawati (salah satu isteri Bung Karno). Bung Karno mengenal masakan ini juga ketika ia dalam pengasingan, di Bengkulu. Sekilas bagar hiu ini mirip dengan rendang Padang, Sumatera Barat; hanya saja bahan olahan kuliner ini menggunakan daging ikan hiu.

5. Rawon

Rawon.

Rawon juga menduduki makanan paling favorit yang disantap oleh Bung Karno. Kuliner yang terbuat dari bahan olehan daging dengan kuah hitam ini juga menjadi salah satu kuliner khas Nusantara yang saat ini sudah mulai mendunia. Makanan khas asal Jawa Timur ini juga menjadi makanan jamuan negara pada era Bung Karno.

WidiHatmoko/Berbagai sumber

Komentar

News Feed