Anda Tahu Belalang? Ini Dia Manfaatnya!

BAGI orang Indonesia, serangga bernama belalang bukanlah hal yang asing. Belalang banyak ditemukan di berbagai tempat, terutama daerah yang banyak ditumbuhi semak dan pepohonan.

Belalang sendiri adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Serangga memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki ovipositor pendek. Suara yang ditimbulkan beberapa spesies belalang biasanya dihasilkan dengan menggosokkan femur belakangnya terhadap sayap depan atau abdomen (disebut stridulasi), atau karena kepakan sayapnya sewaktu terbang. Femur belakangnya umumnya panjang dan kuat yang cocok untuk melompat.

Meskipun banyak orang yang merasa geli atau jijik jika bertemu dengan belalang, namun serangga yang satu ini bisa dijadikan olahan, yaitu digoreng dan bisa dikonsumsi. Bahkan, kandungan yang terdapat dalam tubuh belalang ini bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya adalah:

Merawat kesehatan tulang dan gigi
Belalang goreng mengandung kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc dan mangan. Kandungan ini berfungsi untuk merawat kesehatan tulang dan gigi: bahkan dapat mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil. Konsumsi yang dilakukan secara jangka panjang juga disinyalir mampu mencegah osteoporosis.

Bisa mencerdaskan otak
Belalang goreng mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk kecerdasan otak. Apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tubuh anak-anak akan menyerap protein lebih banyak sehingga kebutuhan saraf yang terpenuhi menyebabkan anak mudah menyerap informasi.

Baik untuk perkembangan janin
Protein, kandungan mineral dan vitamin yang lengkap serta asam lemak esensial yang terkandung dalam belalang goreng dapat membantu perkembangan janin dalam perut ibu. Namun, sebelum ibu hamil mengonsumsinya, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai porsi yang pas sesuai kebutuhan janin.

Mengatasi kolesterol
Kolesterol dalam darah yang menumpuk dapat menyebabkan plak di dinding arteri dan akhirnya menjadi penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Oleh karena itu, dalam satu ekor belalang goreng yang mengandung protein tinggi dan rendah kolesterol ini, adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah kolesterol.

Meremajakan kulit
Kandungan protein yang tinggi dipadukan dengan vitamin E juga banyak terdapat dalam daging belalang. Hal ini dipercaya sebagai obat yang ampuh untuk meremajakan kulit. Untuk itu, bagi kita yang sudah menginjak kepala dua, belalang goreng dapat menjadi alternatif perawatan kulit dari dalam.

Widi/Berbagai sumber

BACA JUGA:
Inilah Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan
Codot Hama Perusak Jambu Kristal Selain Lalat Buah

Penulis: 
    author

    Posting Terkait