Anda Tahu Bengkuang? Ini Dia Manfaatnya Jika Dikonsumsi

SELAIN dimakan biasa, bengkuang biasanya dijadikan campuran rujak atau dimasak tumis dengan sayuran lainnya. Tumbuhan jenis polong-polongan yang menghasilkan umbi asal Amerika tropis ini, ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dalam setiap 100 gram bengkuang mengandung 0.7 gram protein, 1.8 gram gula, 4.9 gram serat, 8.8 gram karbohidrat, 12 mg kalsium, 0.6 mg zat besi, 150 mg potasium, 12 mg magnesium, 18 mg fosfor, 4 mg sodium, 21 IU vitamin A, 12 mcg folat.

Berikut manfaat bengkuang, bengkoang atau orang Jawa menyebutnya ‘besusu’:

Mencegah sembelit
Mungkin waktu tersulit yang Anda hadapi adalah ketika mengalami sembelit, dan peningkatan nyeri menjadi tak tertahankan. Seperti telah dijelaskan di atas, manfaat bengkuang dapat membantu mencegah gangguan pencernaan dalam tubuh, dan karena itu ini membantu masalah sembelit juga. Sembelit dikaitkan dengan gerakan makanan yang tidak sehat melalui usus Anda dalam kelompok yang tidak dicerna dengan benar. Dengan mengonsumsi bengkuang, Anda dapat mencegah hal itu terjadi karena ia memiliki komposisi serat yang tinggi di dalamnya.

Sumber vitamin C
Walaupun bengkuang tidak memiliki rasa asam seperti pada buah dengan kandungan vitamin C lainnya, namun kandungan vitamin C yang terdapat pada bengkuang termasuk tinggi. Dalam 100 gram buah bengkuang terdapat 20 mg vitamin C.

Melancarkan pencernaan
Salah satu unsur penyusun karbohidrat yang terkandung dalam bengkuang sangat berguna untuk kesehatan flora dalam usus yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan. Kadar air yang tinggi dalam bengkuang juga berperan untuk mempercepat proses pencernaan dalam tubuh.

Membantu mencegah kanker
Bengkuang mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai cara. Penelitian baru-baru ini tentang bengkuang menemukan bahwa antioksidan dalam bengkuang mungkin menjadi kunci untuk melawan radikal bebas yang akhirnya mengarah pada pembentukan sel kanker. Tidak hanya akan aman dari racun yang menyebabkan masalah yang lebih kecil di dalam dan di luar tubuh Anda, tetapi juga masalah yang dalam waktu lama dapat mengganggu kesehatan Anda.

Mencerahkan kulit
Tradisi Tiongkok kuno mengatakan bahwa bengkuang telah digunakan sejak lama untuk perawatan kulit. Bengkuang mengandung vitamin C dalam proporsi tertinggi karena tubuh Anda dapat diremajakan. Selain memakannya, Anda bisa mencampurnya dengan kunyit untuk membuat solusi yang nantinya bisa Anda terapkan pada bekas luka atau tanda lain di tubuh Anda. Pada waktunya, Anda akan terkejut dengan hasil yang akan diperolehnya.

Kaya akan isoflavon
Senyawa isoflavon yang umumnya terkandung pada kacang-kacangan juga bisa ditemukan pada bengkuang. Kandungan senyawa isoflavon dalam bengkuang cukup tinggi, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber isoflavon alternatif jika kita tidak menyukai makanan yang berasal dari kacang-kacangan.

Sebagai obat demam
Khasiat bengkuang dapat mendinginkan dan dapat digunakan untuk menurunkan demam karena mempunyai sifat kimiawi. Bengkuang dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus tiap pagi dan sore hari.

Menurunkan kadar kolesterol darah
Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan cara melakukan pengaturan makanan dengan baik dan benar. Terapi jus bengkuang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan air dan serat dalam bengkuang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain serat dan kadar air yang tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang yang berfungsi sebagai antioksidan juga dapat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.

Kadar gula terkontrol
Bengkuang merupakan salah satu umbi-umbian yang berfungsi sebagai peluruh dan pencahar. Dengan dua fungsinya ini, manfaat bengkuang mampu meminimalkan penyerapan makanan secara berlebih dalam usus, khususnya gula yang mampu meningkatkan kadar gula darah.

Widi/Berbagai sumber

BACA JUGA:
Jangan Ngaku ke Prembun Kalau Tidak Beli Bangkuang
8 Serabi dari Berbagai Daerah di Indonesia

Penulis: 
    author

    Posting Terkait