oleh

Asal-muasal Ikan Mujair di Indonesia dan Manfaatnya

IKAN Mujair adalah jenis ikan tawar, dan banyak terdapat di perairan Indonesia, seperti tambak, danau bahkan aliran-aliran sungai. Ikan Mujair memiliki nama ilmiah Oreochromis mossambicus, atau dalam bahasa Inggris Mozambique tilapia, ada juga yang menyebut Java tilapia. Penyebaran alami ikan ini adalah perairan Afrika.

Di Indonesia, ikan ini pertama kali ditemuka oleh Pak Mujair, di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939. Dari situlah jenis ikan yang masuk dalam kategori ikan predator ini disebut Ikan Mujair, dan populer hingga saat ini. Ikan ini tumbuh dan berkembang biak sangat cepat di danau, tambak dan rawa-rawa bekas galian. Ikan mujair juga mempunyai toleransi yang besar terhadap kadar garam (salinitas), sehingga dapat hidup di air payau.

Ikan Mujair juga menjadi salah satu ikan konsumsi, karena selain lezat dan bisa dimasak dengan berbagai varian resep masakan, kandungan gizi ikan yang baik untuk tubuh dan bisa membantu menjaga kesehatan. Kandungan gizi ikan mujair tidak hanya sebagai sumber protein saja, tetapi juga baik untuk pertumbuhan anak.

Selain itu, juga baik untuk tulang, terutama untuk anak-anak. Karena tulang dan gigi si Kecil sangat membutuhkan kalsium tersebut untuk mengurangi risiko penyakit tulang dan gigi. Sekitar 11,3 persen dalam Ikan Mujair terkandung manfaat kalsium yang sangat dIbutuhkan oleh tulang. Bahkan jumlah tersebut sudah melebihi kebutuhan kalsium harian yang disarankan oleh pakar kesehatan yang hanya sekitar 10 persen saja.

Kandungan gizi Ikan Mujair juga baik bagi Otak. Karena kandungan omega 3-nya sangat bermanfaat untuk perkembangan fungsi otak. Berdasarkan penelitian U.S Department of Agriculture, sekitar 150 miligram DHA dan EPA terkandung dalam setiap 400 gram Ikan Mujair.

Nah, ternyata ikan yang di Indonesia diberinama dari nama orang yang menemukannya, Pak Mujair, di muara Sungai Serang, pantai selatan Blitar ini sangat cocok untuk menjadi sumber protein yang mudah didapat sekaligus murah.

BACA JUGA:
Hobi Berarung Jeram? Perhatikan 6 Hal Berikut Ini!
Ke Gunung Kidul, Cicipi Kudapan Istimewa Restoran Jadhug

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE