Di Sport Club Citra Raya, Ratusan Warga Donorkan Darahnya

LENSAPENA – Ratusan warga Citra Raya dan sekitarnya antri menyumbangkan darahnya lewat kegiatan bakti sosial donor darah di Gedung Sport Club Citra Raya, Tangerang, Sabtu 20 Juli 2019. Kegiatan yang digagas oleh Managemen Citra Raya dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang ini, merupakan agenda rutin per-tiga bulan.

Eastate Manager PT Ciputra Residence, Fransiscus Yohanes, menjelaskan, kegiatan donor darah ini, adalaha sebagai wujud kepedulian sosial perusahaan serta karyawan Citra Raya dan Citra Maja Raya.

“Kegiatan donor darah ini sudah menjadi sebuah rutinitas manajemen dalam upaya membantu masyarakat bagi yang membutuhkannya,” ujar Fransiscus Yohanes yang akrab dipanggil Frans kepada lensapena.id.

Frans juga menjelaskan pihaknya sendiri sudah mempunyai komunitas donor darah yang beranggotakan sebanyak 200 sampai 250 orang.

Untuk diketahui, donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang (pendonor darah-red) secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah, kemudian digunakan untuk transfusi darah. Terdapat dua jenis donor darah, yaitu donor darah pengganti, dan donor darah langsung

Berbagai sumber menyebutkan bahwa usaha untuk melakukan transfusi sudah dilakukan sejak abad 15. Dokumentasi pertama transfusi darah dituliskan 15 Juni 1667 oleh Dr. Jean-Baptiste Denys, ahl kesehatan terkenal pada masa King Louis XIV of France.

Widi

Penulis: 
    author