oleh

Galeri Si Betok, Pelestari Ondel-ondel dan Tradisi Betawi

LENSAPENA – Ondel-ondel adalah salah satu kesenian tradisional khas Betawi. Ondel-ondel juga merupakan sebuah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat.

Ondel-ondel ini berbentuk boneka besar dengan tinggi sekitar 2,5 meter dengan garis tengah kurang lebih 80 cm, dan dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan sedemikian rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih. Konon, ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.

Salah satu pelestari kesenian tradisional ini, adalah Galeri Si Betok di Kampung Neroktog, Kelurahan Neroktog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Galeri Si Betok ini, milik Supriyadih alias Cing Ucup.

Cing Ucup mengaku telah menggeluti dunia ondel-ondel sejak lima tahun lalu. Di Galeri Si betook ini, dirinya menyediakan beragam bentuk ondel-ondel, mulai dari yang berukuran besar hingga kecil, yaitu miniatur ondel-ondel. Selain itu dirinya juga menjual perlengkapan pakaian beksi khas Betawi Tangerang.

“Awalnya baju, lalu lama-lama ada yang pesen ondel-ondel, eh jadi keterusan deh,” kata Cing Ucup.

Cing Ucup menjelaskan, untuk membuat ondel-ondel diperlukan berbagai material seperti, bambu ikat dan kawat sebagai kerangka, resin, talek, mateserta katalis untuk membekukan adonan. Lalu, adonan tersebut dioleskan sesuai cetakan.

“Tinggal tunggu aja sampai adonan topeng telah keras dan keker. Jadi saat digunakan bagus dan kuat,” katanya.

Untuk bahan tambahan guna mempercantik topeng ondel-ondel Ucup menggunakan cat kayu, kuas kecil, dan pilok, dan tidak lupa silikon yang berbentuk wajah sebagai cetakan.

Sedangkan untuk masalah harga, Cing Ucup mengaku dirinya mulai Rp200 ribu untuk ondel-ondel ukuran mini dan Rp3,8 juta untuk satu pasang ondel-ondel ukuran besar. Sedangkan untuk baju beksi dipatok mulai dari harga Rp170 ribu-an.

Widi/Hendra

Komentar

News Feed