Gua Batu Cermin, Destinasi Wisata Unik di Labuan Bajo

LENSAPENA – Selain komodo dan pantainya yang indah, Labuan Bajo juga memiliki objek wisata lain yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Gua Batu Cermin yang terletak sekitar empat kilometer dari pusat kota Labuan Bajo.

Gua batu cermin adalah gua atau terowongan yang terdapat di bukit batu yang gelap. Luas Gua batu Cermin ini 19 hektar, dan tingginya sekitar 75 meter. Yang unik dari Gua Batu Cermin ini adalah ketika Sinar matahari masuk ke gua melalui dinding-dinding gua, dan memantulkan cahayanya di dinding batu sehingga merefleksikan cahaya kecil ke areal lain dalam gua sehingga terlihat seperti cermin.

Stalagtit dan stalagmit dalam gua ini juga akan terlihat berkilauan saat disinari cahaya senter maupun cahaya matahari. Kilauan ini disebabkan oleh kandungan garam di dalam air yang mengalir di saat turun hujan. Hal ini pula lah yang membuat masyarakat sekitar menyebut gua ini denga Gua Batu Cermin.

Konon, Gua Batu Cermin ini ditemukan oleh Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda sekaligus juga sebagai seorang arkeolog. Gua tersebut ditemukan pada tahun 1951.

Berbagai sumber juga menyebutkan bahwa dulu, di daerah ini sempat ada pergeseran atau patahan lempeng bumi, lalu terjadi gempa, sehingga ada beberapa wilayah di Pulau Flores yang tenggelam. Ada beberapa juga yang bahkan naik ke permukaan, salah satunya adalah gua cermin ini. Pernyataan ini juga berdasarkan temuan koral dan fosil satwa laut yang menempel di dinding gua seperti fosil kura-kura.

Dikutip dari situs resmi Kantor Staf Kepresidenan, Labuan Bajo, termasuk salah satunya adalah Gua Batu Cermin ini, akan diprioritaskan pemerintah sebagai salah satu destinasi wisata baru yang akan dikembangkan. Untuk mengembangkan wilayah yang nantinya sebagai kawasan industi wisata ini, pemerintah juga akan membenahi dan mengembangkan sektor air minum dan sanitasi di kawasan tersebut.

Selain itu, penataan pelabuhan dan pelebaran jalan menuju lokasi wisata untuk lebih mendukung arus wisatawan juga akan dilakukan

“Kita kan sudah rencanakan dua tahun yang lalu kita ingin ada 10 destinasi baru dan ini yang 4 yang ingin kita prioritaskan. Salah satunya adalah Labuan Bajo,” ujar Jokowi seperti dilansir situs ksp.go.id, saat meninjau Puncak Waringin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Widi/ksp

Penulis: 
    author