oleh

Ikan Selar Harganya Murah, Renyah dan Kaya Gizi

LENSAPENA – Ikan selar kuning atau sering disebut juga (ikan) selar saja adalah jenis ikan konsumsi. Ikan selar banyak disukai oleh masyarakat. Bentuknya yang kecil, membuat ikan ini menjadi renyah jika digoreng. Rasanya pun gurih, dan bisa dibuat berbagai varian masakan. Dari situlah, ikan selar menjadi salah satu jenis ikan tangkapan yang cukup menjanjikan pagi para nelayan lokal.

Dalam bahasa Lating, ikan selar disebut Selaroides leptolepis. Ikan selar termasuk dalam spesies atau suku Carangidae, dan satu-satunya anggota dari marga Selaroides. Ikan selar menyebar di wilayah pesisir dan laut-laut dangkal di kawasan perairan Indo-Pasifik Barat.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa pada tahun 1990 dan 2010 FAO mencatat tangkapan ikan ini di dunia berkisar antara 113.000 dan 195.000 ton, dengan kecenderungan yang terus meningkat. Statistik ini sebetulnya baru memuat tangkapan dari Indonesia, Malaysia dan Uni Emirat Arab, sehingga jumlah tangkapan yang sebenarnya semestinya lebih besar lagi. Di antara ketiga negara itu, Indonesia yang paling tinggi dengan jumlah tangkapan, yaitu antara 129.000 – 180.000 ton pada tahun 2000 hingga 2010.

Nah, bicara tentang ikan selar atau Selaroides leptolepis ini, ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, dan bermanfaat untuk tubuh.

Dalam 100 gram ikan selar segar, mengandung energi sebesar 100 kilokalori, protein 18,8 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 2,2 gram, kalsium 40 miligram, fosfor 179 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam ikan selar sjuga terkandung vitamin A sebanyak 150 IU, vitamin B1 0,37 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Widi/Berbagai sumber

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update