oleh

Penyelundupan 150 Kg Ganja dari Aceh Digagalkan

LENSAPENA – Penyelundupan Narkotika jenis Ganja seberat 150 kg berhasil digagalkan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Banten. Ganja yang dibawa dari Aceh ini, rencananya akan didistribusikan ke wilayah Tangerang dan sekitarnya. Petugas berhasil mengamankan 2 tersangka berinisial F alias Bule (29) dan IWN (44), warga Bekasi, Jawa Barat.

Informasi yang dihimpun, Ganja seberat 150 kg tersebut, diseberangkan melalui Bangka Belitung menggunakan kapal KMP Sakura Expres menuju pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. Saat Kapal bersandar pada hari Kamis 11 Juli 2019 di Pelabuhan Tanjung Priok, Tim langsung melakukan pengecekan ke dalam kapal dan menemukan mobil Toyota Camry yang dinaiki oleh kedua orang tersangka.

Tim yang melakukan pengecekan mobil menggunakan anjing pelacak itu, menemukan bagasi yang sudah dimodifikasi membentuk sebuah tempat menggunkan plat besi, yang dicurigai di dalamnya terdapat barang haram tersebut. Kemudin Tim membawa mobil dan kedua tersangka ke salah satu bengkel las di Jalan Husain Sastranegara Benda Kecamatan Benda, Kota Tangerang, dan setelah berhasil dibuka ternyata menemukan 150 paket Ganja.

Kepala BNNP Banten Brigjen Pol. Tantan Sulistyana saat dikonfirmasi, membenarkan kabar tersebut. Menurut Tantan pengungkapan tersebut berawal saat timnya yang mendapat informasi bahwa ada pengiriman Narkotika jenis ganja dari Aceh menuju daerah Tangerang dengan menggunakan mobil Toyota Camry warna Silver dengan cara disimpan di dalam bagasi yang telah dimodifikasi dengan menggunakan plat besi yang dilas.

“Dari Aceh para pelaku mengambil rute ke pelabuhan Pangkal Balam, Provinsi Bangka Belitung. Karena menurut mereka rute tersebut lebih aman dari pada lewat Merak,” ujar Tantan.

Saat ini, kedua tersangkan digelandang ke kantor BNN Provinsi Banten untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Pelaku yang diamnkan 2 orang. Sekarang masih dilakukan proses pengembangan,” kata Tantan.

Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat (2) dan pasal 111 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Widi/Hendra/Red

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE