oleh

Perpustakaan Kabupaten Tangerang Gelar Lomba Mendongeng

Banner IDwebhost

LENSAPENA – Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Tangerang bakal menggelar lomba mendongeng untuk anak-anak SD/MI dan SLTP (SMP dan MTs) se-Kabupaten Tangerang. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan Agustus 2019 mendatang, merupakan program tahunan DKP.

Kabid Deposit dan Kerjasama pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, H. Ilyas, menjelaskan bahwa kegiatan lomba mendongeng yang akan diikuti oleh siswa SD/MI dan SLTP dari 29 kecamatan se-Kabupaten Tangerang ini akan dimulai dari tingkat kecamatan, dan akan dibagi menjadi beberapa rayon. Untuk wilayah barat dipusatkan Kantor Perpustakaan Kecamatan Kresek, untuk wilayah Utara di Kecamatan Mauk dan Kecamatan Teluknaga, wilayah Timur di Kecamatan Pagedangan dan wilayah Selatan di Kecamatan Curug.

“Hasil juara di tingkat kecamatan nantinya akan dipertemukan pada tingkat kabupaten, di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang di Tigaraksa. Nah, untuk peserta yang menjadi juara pertama di tingkat kabupaten ini, nantinya akan mewakili Kabupaten Tangerang di tingkat provinsi,” ujar H. Ilyas, Rabu 11 Juli 2019.

Ia juga menjelaskan, selain mendongkrak minat baca mesyarakat, terutama anak-anak usia SD/MI dan SLTP, melalui kreativitas lomba mendongeng, kegiatan ini juga untuk mengenalkan kearifan lokal melalui karya tulis dalam naskah dongeng tersebut.

Karena, kata Elyas, isi dongeng yang dilombakan menyangkut seputar legenda dan sejarah cerita rakyat di wilayah Kabupaten Tangerang. Naskah dongen yang dilombakan juga merupakan naskah para juara lomba karya tulis yang telah dibukukan beberapa tahun lalu. Diantaranya adalah Dongeng Asal-usul Cisoka, Asal-usul Kelapa Dua, Legenda Tigaraksa, Kampung Gelok, dan lain sebagainya.

Widi

Komentar

News Update