oleh

Ananta Wahana: Seni dan Budaya Pemersatu Bangsa

Banner IDwebhost

LENSAPENA – Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Hal ini dikatakan oleh Pengasuh Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Ananta Wahana.

Tokoh Tangerang yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Banten ini juga mengatakan bahwa budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

“Dari situlah pentingnya melestarikan budaya sebagai pemersatu bangsa,” ujar Ananta Wahana, Selasa 6 Agustus 2019.

Ananta juga mengaku bangga sebagai warga negara Indonesia yang memiliki keberagaman budaya. Karena dengan keberagaman budaya serta adat istiadat dan karya seni tradisional yang diwariskan kepada generasi ke generasi, menjadikan bangsa ini menjadi kaya.

Hal ini pula lah, yang menurut Ananta mendorong dirinya untuk ikut andil bagian dalam upaya pelestarian seni dan budaya tradisional di wilayahnya. Melalui Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis ini pula, kata Ananta, berbagai peristiwa budaya kerap ia gelar: baik dalam bentuk diskusi maupun pegelaran karya seni.

“Karena, seni dan budaya ini kan pemersati bangsa,” katanya.

Ananta juga mengajak generasi milenial untuk tetap mencintai, dan ikut berperan serta dalam pelestarian seni dan budaya tradisional. Agar, apa yang menjadi karya besar para pendahulu bangsa tetap lestari, dan bisa dinikmati oleh anak cucu, dari generasi ke generasi.

“Ini semua kan menjadi tanggung jawab moral kita bersama. Jangan sampai kita lupa dengan budaya kita sendiri,” tandasnya.

Widi

Komentar

News Update