Inilah Kuliner Lezat dan Unik dari Penajam Paser Utara

LENSAPENA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan secara resmi, Senin 26 Agustus 2019, Ibukota Negara akan pindah ke Kalimantan Timur. Titik lokasi Ibukota baru ini di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, dan sebagian di Kutai Kartanegara.

Kabupaten Penajam Paser Utara ini beribukota di Penajam. Daerah ini termasuk kabupaten yang terbilang muda di provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten ini dulunya juga merupakan pemekaran dari daerah kabupaten Pasir. Kabupaten Pasir terletak di perbatasan selatan bagian Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, Penajam Paser Utara juga memiliki ragam kuliner khas yang menambah kekayaan cita rasa masakan Nusantara. Diantaranya adalah:

Soto Penajam Paser Utara

Soto Penajam Paser Utara merupakan soto yang khas dan menjadi makanan kuliner di wiayah tersebut. Soto ini berpenampilan sama seperti soto pada umumnya. Namun Soto Penajam Paser Utara memiliki warna kuahnya dan cara pembuatannya yang berbeda.

Soto yang satu ini memilki kuah yang kekuningan. Selain itu, pada bagian dalam soto terdiri dari bahan seperti miehun, daging ayam ataupun daging sapi (sesuai selera), sayur-sayuran, dan bahan lainnya. Nah, yang unik dari soto ini adalah ketika memesan Anda akan di beri daging bakar yang sudah ditusuk seperti daging sate. Daging sate tersebut sangat cocok disajikan secara bersamaan, sehingga menciptakan rasa yang sangat sempurna.

Dampo Durian

Dampo durian merupakan kuliner yang wajib untuk dicoba ketika berada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Dampo durian yang dibuat turun temurun oleh masyarakat di Kabupaten Penajam Passer Utara tersebut, diolah dengan cara tradisional. Masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara sengaja membuat dampo durian karena daerah tersebut banyak sekali menghasilkan durian. Sehingga, dengan dibuatnya dampo durian ini, tidak ada lagi buah durian yang tersisa lantaran melimpahnya buah tersebut.

Bakso Penajam Paser utara

Bakso khas Kabupaten Penajam Paser Utara ini memiliki tampilan yang sama seperti bakso-bakso yang dijual pada umumnya. Hanya saja, bakso ini terbuat dari bahan-bahan yang khas dari Kabupaten Penajam Paser Utara. Bahan tersebut terdiri dari daging sapi yang sudah digiling dan siap untuk di jadikan bakso, sayur-sayuran dari Kabupaten Penajam Paser Utara, mie putih dan berbagai penyedap rasa, garam dan lain sebagainya.

Gula Jengkol

Meskpun namanya gula jengkol, kuliner satu ini bukan terbuat dari jengkol. Disebut gula jengkol karena gula merah dibuat seukuran jengkol. Terbuat dari nira tandan buah pohon kelapa. Bedanya hanya pada cetakan dan teksturnya yang lebih tebal. Bagi kamu yang tertarik membawa pulang gula aren khas Penajam ini, bisa datang ke Gula Tanjung. Kawasan tersebut terkenal sebagai salah satu daerah penghasil gula terbaik di Kalimantan Timur.

Widi/Red

Ibukota Negara Kuliner Penajam Passer Utara Wisata

Penulis: 
    author