Menyantap Nasi Kapau di Festival Kuliner Serpong

LENSAPENA – Untuk Anda yang gemar kuliner Nasi Kapau tak perlu jauh-jauh menyeberang ke Sumatera Barat. Karena, sampai 8 September 2019 nanti, Anda bisa menemukannya di event Festival Kuliner Serpong di Summarecon Mal Serpong, Tangerang. Di sini pengunjung bisa menikmati Nasi Kapau khas Negeri Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Meskipun sama-sama berasal dari Tanah Minang, Nasi Kapau memiliki beberapa perbedaan dengan nasi padang. Nasi kapau terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cangcang, gulai babek atau paruik kabau. Nasi kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka ciri khas Nasi Kapau.

Nah, perbedaan antara Nasi Kapau dengan Nasi Padang adalah, selain dijual oleh oarang asli Kapau, menu nasi kapau dipajang di atas meja, letaknya lebih rendah dari si penjual. Namun jika Nasi Padang di pajang di etalase yang letaknya lebih tinggi dari penjualnya.

Ada satu hidangan yang punya cita rasa berbeda, yaitu Gulai Kapau. Gulai yang satu ini berbahan dasar kol, nangka, dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning, dan ada cita rasa sedikit asam. Gulai Kapau disantap bersama satu lauk, bisa dengan olahan ikan, ayam, daging, atau hidangan khas Kapau lainnya yakni rendang ayam. Gulai khas Kapau lainnya adalah Tambunsu, yaitu hidangan berbahan dasar usus sapi yang dimasukkan adonan telur dan tahu.

Center Director Summarecon Mal Serpong, Willy Effendy menjelaskan, event Festival Kuliner Serpong merupakan agenda tahunan yang digelar sejak 2011. Dalam event ini, kata Willy, Summarecon Mal Serpong selalu menyuguhkan tema yang berbeda. Kali ini, mengangkat tema “Ragam Pesona Bumi Andalas”.

Dalam “Ragam Pesona Bumi Andalas” ini, tidak hanya menyuguhkan kuliner khas tradisi yang dimiliki oleh berbagai daerah di Pulau Sumatera, namun juga ragam kearifan lainnya, seperti seni dan budayanya: mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Padang sampai Sumatera Bagian Selatan dan Lampung.

“Kami berharap, Festival Kuliner Serpong tidak hany hadir untuk memuaskan kerinduan akan makanan tradisional Indonesia, namun juga menambah wawasan dan kepedulian untuk melestarikan kebudayaan Nusantara. Tidak hanya melalui kekayaan kuliner, namun juga dengan memperkenalkan ragam budaya seni tradisional daerah,” paparnya.

Widi

Festival Kuliner Kuliner Nasi Padang Summarecon

Penulis: 
    author