Selain Indah, Pantai Caruban Lasem Juga Bisa Buat Seru-seruan

LENSAPENA – Selain terdapat ratusan bangunan kuno sebagai cagar budaya, Lasem juga memiliki panorama pantai yang cukup indah dan sayang untuk dilewatkan, yaitu Pantai caruban.

Pantai ini berlokasi di Desa Gedong Mulyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, atau sekitar 2 kilometer dari Jalan Raya Lasem. Keunikan Pantai caruban ini adalah terdapat hamparan pasir yang cukup luas di sepanjang bibir pantai. Di sini, pengunjung bisa seru-seruan sambil berputar-putar naik motor ATV, atau sekadar bermain pasir dan bermain voli pantai.

Sebelum memasuki kawasan pantai, pengunjung juga akan melihat pemandangan yang cukup indah, yaitu ratusan heltar tambak milik masyarakat.

Kawasan wisata pantai seluas kurang lebih 21 hektar ini dikelola oleh pemerintah desa setempat. Bambang, salah seorang pengelola Kawasan Wisata Pantai Caruban mengatakan, seluruh pengelolaan kawasan wisata pantai ini dilakukan oleh masyarakat desa sekitar, termasuk para pedagangnya. Hal ini bertujuan untuk membangun perekonomian masyarakat di wilayah tersebut.

“Semua dikelola oleh desa, dan masyarakat sekitar. Bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, membangun perekonomian masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat,” ungkap Bambang, salah seorang pengelola Kawasan Wisata pantai caruban Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Menurut Budayawan Lasem, Edi Winarno, menjelaskan bahwa di sekitar Pantai Caruban ini, konon, dulunya adalah bandar pelabuhan, tempat bersandarnya kapal-kapal niaga dari berbagai negara. Diiyakininya sebagai bekas bandar pelabuhan, menurut Edi, karena tidak jauh dari kawasan wisata Pantai Caruban ini ditemukannya situs perahu kuno yang usianya sudah ribuan tahun.

“Di perkirakan, di sepanjang pantai ini juga masih banyak bekas perahu-perahu kuno yang tertimbun. Karena, dulunya di sekitar kawasan ini memang bandar pelabuhan. Sampai ke Dasun sana, yang ada rumah candu, Lawang Ombo,” katanya.

Nah, untuk Kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan seru di Pantai Caruban ini, tak perlu khawatir, karena pengelola kawasan wisata Pantai Caruban telah menyediakan motor ATV untuk disewakan. Hanya dengan merogoh kocek Rp35ribu pengunjung sudah bisa berpetualang melintasi sepanjang bibir pantai yang berpasir.

Pangunjung juga bisa menyewa perahu karet, untuk seru-seruan ke tengah pantai. Para life guard yang sudah berpengalaman serta menguasai medan di kawasan wisata ini, juga telah siap memberikan pertolongan untuk para wisatawan yang mengalami kesulitan, atau dalam bahaya.

Widi

Cagar Budaya Lasem Pantai Wisata

Penulis: 
    author