Kirab Budaya ‘Gotong Toa Pe Kong’ Pecahkan Rekor MURI

LENSAPENA – Kirab Budaya dan Ruwat Bumi 2019 ‘Tjie Thien Ta Sen Bio Tangerang’ digeral Minggu 8 September 2019. Peristiwa budaya dengan tema “Memajukan Budaya dan Kesenian Daerah Sebagai Bingkai Pemersatu Bangsa” ini, dalam rangka memperingati ulang tahun atau sejit Kelenteng Tjie Thien Ta Sen Bio Tangerang.

“Dengan Acara Kirab ini kami ingin melaksanakan ritual suci gotong Toa Pe Kong untuk membersihkan hawa negatif di sekitar lingkungan toa pe kong atau vihara, sekaligus mengangkat Budaya dan Kesenian dari berbagai daerah di Indonesia. Termasuk kami memperkenalkan Kebudayaan Tiong hoa yang juga telah di akui di NKRI,” ujar Ketua Panitia Kirab Budaya dan Ruwat Bumi 2019 ‘Tjie Thien Ta Sen Bio Tangeran, Hendrik Maulana, Sabtu 7 September 2018.

Pria yang akrab dipanggil Ko Afi ini juga mengatakan, ritul suci gotong Toa Pe Kong ini akan memecahkan Rekor MURI, yaitu mengusung tandu Toa Pe Kong terbanyak. Menurutnya, kegiatan Kirab Buday ini adalah kali ke dua. Untuk event Kiran Budaya pertama dilaksanakan pada 19 september 2010, dan yang kedua pada tanggal 31 Agustus 2014.

“Dan, yang ketiga ini kami laksanakan pada tanggal 08 September 2019,” katanya.

Menurutnya, diadakannya kirab yang ke-3 ini juga sebagai eksistensi kelenteng, agar warga Tangerang khususnya Indonesia pada umumnya mengenal Kelenteng ini. Karenakan di tahun 2016 lalu, kelenteng yang terletak di Jalan Bouraq Pintu Air Timur No. 39 Tangerang ini mengalami musibah kebakaran yang menghabiskan seluruh bangunan kelenteng. Walaupun demikian dengan bantuan umat dan simpatisan yang bahu-membahu membangun, klenteng ini kembali berdiri. Dan, pada tanggal 19 September 2019 nanti, akan diresmikan.

“Dengan waktu kurang dari 1 tahun, kini kelenteng Tjie Thien Ta Sen Bio berdiri kembali. Untuk mengungkapkan rasa syukur, kami mengadakan Kirab Budaya dan Ruwat Bumi secara besar-besaran. Sehingga mengundang banyak peserta dari berbagai daerah di Nusantara untuk ikut dalam Kirab Budaya dan Ruwat Bumi ,” paparnya.

Untuk diketahui, sebagai tempat Ibadah Umat Buddha di daerah Kota Tangerang, Kelenteng Tjie Thien Ta Sen Bio yang berdiri sejak 1983 didirikan oleh Suhu Benny Susanto.

Widi

Budaya Kirab Budaya Klenteng Kota Tangerang

Penulis: 
    author