oleh

Ternyata, Thengkleng Solo Sudah Menjelajah Nusantara

LENSAPENA – Selain tongseng, sate, gulai, dan sup, ternyata kuliner bahan dasar kambing memiliki varian lain yang tak kalah lezat, yaitu Tengkleng atau Thengkleng. Tengkleng sendiri merupakan ejaan bahasa Jawa, yaitu masakan sejenis sup dengan bahan utama tulang kambing.

Kuliner Tengkleng ini berasal dari daerah Solo, Jawa Tangah. Menurut para tetua di kota Solo, Tengkleng sendiri ada sejarahnya. Konon, pada zaman Belanda dulu hanya orang-orang bangsawan dan orang-orang Belanda yang hanya bisa menikmati lezatnya daging kambing. Sedangkan pada bagian kepala, kaki, dan tulang-tulangnya disisakan, atau dipisahkan alias tidak dimasak.

Nah, bagian dari kambing yang tersisa ini, yaitu kepala, kaki, dan tulang-tulang yang masih terdapat daging-daging yang menempel oleh pekerja yaitu para tukang masak dikumpulkan, dan dimasak. Oleh para tukang masak kala itu, kepala, kaki, dan tulang-tulang kambing tersebut dimasak hampir mirip dengan gulai kambing, hanya saja kuahnya lebih encer ada juga tengkleng dengan sedikit kuah.

Meskipun kuliner Tengkleng ini berasal dari Solo, namun sekarang sudah menjelajah di hampir setiap daerah di Indonesia. Termasuk kota-kota Pulau Jawa, termasuk Jakarta dan Tangerang.

Aditya

Komentar

News Feed