oleh

Ananta Wahana: Seni Budaya “Soko Guru” Pembangunan Nasional

Banner IDwebhost

LENSAPENA  – Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III, Ananta Wahana mengaku bangga masih ada generasi muda yang mau melestarikan kesenian tradisional.

Ananta juga mengatakan, dengan semakin digerakkannya kreativitas-kreativitas seni tradisional di kalangan remaja,  selain melastarikan kearifan lokal, juga efektif melawan penyalagunaan narkoba dan tawuran.

Baca juga: Viral Warga Tinggal di Gubuk Reot, Pemkab Tangerang Berjanji Bangunkan Rumah

“Karena dalam seni, generasi muda bukan hanya diajarkan gerak tari dan musik saja, namun juga diajarkan budi pekerti yang baik yang dikandung oleh setiap budaya,” kata Ananta Wahana, Senin 14 Oktober 2019.

Untuk itu, kata Ananta, sudah saatnya Pemerintah membuka ruang bagi budaya dan tari asli Indonesia dengan menyediakan gedung budaya. Sehingga para seniman memiliki tempat untuk berlatih dan pentas yang difasilitasi oleh pemerintah.

Baca juga: Waduh, Pilkades Serentak Membara! Test Tertulis LPM ICD Disoal

“Sehingga kedepan, generasi muda tidak lagi terkena demam budaya asing seperti budaya KPOP, Bollywood dan lain-lain. Justru generasi muda harus terkena demam budaya bangsa sendiri dan budaya tradisional menjadi tuan rumah,” paparnya.

Ananta menambahkan, pentingnya budaya tradisional menurutnya karena hal tersebut adalah jati diri bangsa. Sehingga diharapkan budaya tradisional menjadi “soko guru” bagi pembangunan nasional.

Widi. H

Komentar

News Update