oleh

Yuk, ‘Hunting’ Malam di Kota Semarang

LENSAPENA – Selain berburu kuliner, ke Semarang malam hari ternyata banyak sekali hal menarik yang bisa memanjakan mata, dan membuat perjalanan semakin berkesan. Karena di wilayah yang menjadi ibu kota atau pusat pemerintahan Provinsi Jawa Tengah ini banyak terdapat gedung-gedung cagar budaya yang megah, cantik dikurung malam dalam cahaya remang lampu-lampu jalanan.

Panorama indah yang menakjubkan ini juga sangat cocok untuk para pengggila ‘selfie’ dan para penghobi dunia fotografi. Karena dengan bidikan-bidikan kamera, suasana ini bisa manjadi sebuah karya astrofotografi sangat indah untuk diabadikan.

Baca juga: Kawis, Buah Langka Yang Kaya Manfaat

Panorama malam hari di Gereja Blenduk Kota Semarang. (Widi Hatmoko)

Di Jalan Letjend Suprapto, misalnya, pengunjung dapat menemukan bangunan tua yang menjadi salah satu ciri khas Kota Semarang, yaitu Gereja Blenduk atau Gereja Blendug. Disebut Gereja Blenduk karena kubahnya bentuknya ‘mblendung’. Gereja ini adalah gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun oleh masyarakat Belanda di Kota Semarang pada tahun 1753. Bangunan gereja ini berbentuk ‘heksagonal’ (persegi delapan).

Baca juga: Antisipasi Tawuran Pelajar, Polisi Lakukan Pendekatan Lewat Upacara Bendera

Kubahnya pun dilapisi perunggu, dan di dalamnya terdapat sebuah orgel Barok. Arsitektur di dalam gereja ini dibuat berdasarkan salib Yunani. Gereja ini direnovasi pada 1894 oleh W. Westmaas dan H.P.A. de Wilde, yang menambahkan kedua menara di depan gedung gereja ini.

Gereja yang hingga sekarang ini masih dipergunakan setiap hari Minggu oleh umat Kristen Kota Semarang, terlihat indah di malam hari. Meskipun kubah ‘mblendung’ atau ‘blenduk’ tak begitu jelas di malam hari karena tertutup gelap, namun kokohnya bangunan berwarna putih ini terlihat indah dalam sorotan lampu-lampu malam.

Baca juga: Kurangi Sampah Impor, APTA Ajak Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Lawang Sewu’ Kota Semarang di malam hari. (Widi Hatmoko)

Selain Gereja Blenduk, bangunan cagar budaya yang indah dilihat pada malam hari adalah ‘Lawang Sewu’. Dalam bahasa Indonesia, ‘Lawang Sewu’ adalah seribu pintu. Gedung ini, dahulu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907.

Meskipun pada malam hari terlihat angker, namun gedung yang dahulu disebut Wilhelminaplein, dan terletak di Bundaran Tugu Muda Kota Semarang ini terlihat sangat indah.

Widi. H

Komentar

News Feed