oleh

Jambu Kristal Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Banner IDwebhost

LENSAPENA – Dagingnya yang tebal serta memiliki rasanya yang khas, renyah dan segar, jambu kristal ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk mengonsumsi buah yang masuk dalam rumbut jambu biji ini, selain cukup dimakan seperti biasa juga bisa dibuat miniman jus.

Berikut adalah menfaat jambu kristal untuk kesehatan:

Baik untuk penderita diare
Jambu kristal memiliki serat yang tinggi, dan mengandung senyawa yang bernama astringents. Senyawa astringents ini ternyata merupakan salah satu pelaku yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyabab kemunculan penyakit diare.

Mengatasi sembelit
Tingginya serat yang dimiliki oleh jambu Kristal juga bisa bisa mengatasi sembelit. Karena sembelit dan sulit buang air besar salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya serat di dalam tubuh.

Baca juga: Mengenal “Nyi Mas Melati” Lewat Seni Tari Kreasi

Mengobati batuk dan flu
Manfaat jambu kristal bagi kesehatan sangat baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Selain itu, jambu kristal sendiri juga dapat menjadi menghambat aktivitas kuman dan mikroba yang menyebabkan batuk flu yang anda alami.

Menjaga kesehatan kulit
Jambu kristal banyak mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit. Untuk itu jika kita banyak mengonsumsi jambu kristal, bisa mencegah kulit kering dan bersisik, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, menutrisi kulit dari dalam, dan menjaga kelembaban kulit.

Menjaga rasa kenyang
Jambu kristal ini memiliki kandungan karbohidrat dan potassium yang cukup tinggi, sehingga dapat menghilangkan rasa lapar. Selain itu, kandungan protein dan juga kandungan serat yang ada pada buah ini dapat membantu menjaga rasa kenyang anda agar tahan lama dan tidak mudah lapar.

Baik untuk kesehatan pencernaan
Serat merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan anda. Dengan adanya serat, maka pencernaan anda akan menjadi lebih lancar, dan dapat terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan yang mengganggu aktivitas.

Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh
Berbagai macam vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam buah jambu kristal sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Dan, dengan terjaganya daya tahan tubuh dengan baik dan sempurna, maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit: selalu fit dan segar dalam beraktivita lebih fokus.

Baca juga: Butuh Solusi! IKM Alas Kaki di Tangerang “Kembang-kempis”

Sebagai zat anti oksidan
Jambu Kristal juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu zat antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada jambu Kristal ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi biang keladi dari berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, radikal bebas juga berperan dalam tejadinya proses penuaan dini, terutama yang terjadi pada area kulit.

Baik untuk kesehatan mata
Manfaat jambu kristal memiliki kandungan vitamin A yang juga cukup tinggi. Vitamin A, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dan ini bisa mencegah dan mengobati berbagai macam gangguan mata, seperti: rabun jauh, rabun dekat, silindris, rabun ayam dan katarak.

Baik untuk kesehatan tulang
Buah jambu kristal memilki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sehingga, jika kita sering mengonsumsi buah jambu kristal, ini akan sangat baik untuk kesehatan tulang.

Mengobati sariawan
Vitamin C yang ada pada buah jambu kristal sangat efektif untuk mencegah dan juga mengobati sariawan. Untuk itu, konsumsilah buah jambu kristal ini agar bisa terhindar dari sariawan.

Mencegah anemia
Manfaat jambu kristal bagi kesehatan juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi ini dapat membantu untuk mencegah meunculnya gejala-gejala anemia, seperti: mudah lelah, letih dan lesu serta sering tidak focus dalam bekerja dan bearktivitas.

Mencegah infeksi dan juga virus
Berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah jambu kristal ini memiliki sifat yang sangat penting sebagai anti bakteri, anti infeksi dan juga anti peradangan. Dari situlah, buah jambu Kristal baik untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan yang berhubungan dengan infeksi, peradangan dan juga virus di dalam tubuh.

Widi/Berbagai sumber

Komentar

News Update