oleh

Kawis, Buah Langka Yang Kaya Manfaat

LENSAPENA – Kawis atau buah kawista adalah jenis buah yang bentuknya menyerupai jeruk, dan mungkin masih asing di telinga kita. Kawista termasuk kerabat dekat maja dan masih dalam suku jeruk-jerukan. Kawis atau buah kawista memiliki nama latin limonia acidissima.

Buah dengan kulit berwarna kuning kecoklatan dan keras, serta mirip kulit buah melon ini, hanya tumbuh di beberapa derah di Indonesia, seperti Nusa Tenggara Barat (NTB), Indramayu, dan daerah Lasem-Rembang, Jawa Tengah.

Meskipun dari segi penampilan, buah ini kurang begitu menarik, namun dari segi kesehatan, kawis atau buah kawista ini ternyata mempunyai manfaat dan khasiat yang bagus untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat kawis atau buah kawista bagi tubuh manusia:

Baca juga: Antisipasi Tawuran Pelajar, Polisi Lakukan Pendekatan Lewat Upacara Bendera

1. Sebagai obat batuk
Khasiat kawista yang pertama yaitu berguna untuk mengobati penyakit batuk. Dengan mengonsumsi buah ini, tenggorokan Anda akan disegarkan dan dibebaskan dari rasa gatal akibat batuk. Rasa manisnya yang seimbang tidak akan membuat batuk Anda semakin buruk.

2. Menambah energy tubuh
Manfaat kawista untuk energy tubuh yaitu menambah kadarnya sehingga Anda bisa mendapatkan energy tambahan untuk meningkatkan stamina tubuh. Energi yang cukup untuk tubuh itu penting agar Anda tidak mudah mengalami kelelahan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Khasiat kawista untuk tubuh yaitu meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun. Buah ini kayak akan vitamin dan mineral yang membantu sistem imun Anda untuk bertahan melawan penyakit yang akan menyerang, seperti demam, flu, dan juga batuk.

Baca juga: Butuh Solusi! IKM Alas Kaki di Tangerang “Kembang-kempis”

4. Obat diare
Manfaat kawista untuk penyakit pencernaan sudah terbukti secara klinis. Buah ini adalah obat yang tepat untuk mengatasi penyakit pencernaan seperti diare. Kandungan di dalamnya akan melawan bakteri penyebab diare sehingga gejalanya bisa dihindari.

5. Mengatasi disentri
Khasiat kawista untuk kesehatan tubuh juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Sebelum Anda mencoba obat-obatan kimia, ada baiknya Anda mengonsumsi buah ini untuk mengobati disentri. Cara yang alami tidak akan membuat tubuh Anda terkena efek samping.

6. Mengatasi masalah haid
Ada beberapa masalah haid yang sering dialami wanita, seperti kram perut dan siklus haid yang tidak lancar. Khasiat kawista untuk mengatasi masalah haid sangatlah ampuh. Buah ini punya kandungan nutrisi alami yang mampu mengobati permasalahan haid Anda.

Baca juga: Kurangi Sampah Impor, APTA Ajak Masyarakat Gunakan Produk Lokal

7. Penurun panas demam
Khasiat kawista selanjutnya yaitu sebagai nutrisi untuk menurunkan panas demam. Caranya yaitu dengan merebus buah ini lalu meminum air rebusannya. Minumlah air rebusan tersebut setiap hari sampai panas demam Anda berangsur-angsur turun.

8. Obat sakit perut
Manfaat kawista untuk perut yaitu menetralkannya. Yang dimaksud di sini adalah menetralkan kondisi perut yang mengalami gejala sakit, seperti perih maupun kram. Anda bisa mengonsumsi buah ini dengan cara menambahkannya dalam daftar menu makanan sehat.

9. Mengatasi mual
Khasiat kawista untuk Anda yang sering mabuk darat sangatlah bermanfaat. Buah ini akan mengtasi gejala mual dalam perut, sehingga mabuk dan muntah bisa dihindari. Anda bisa mengonsumsi buah ini sebelum bepergian dengan kendaraan.

10. Menjaga kesehatan hati
Buah kawista juga bisa menjadi buah yang menjaga dan melindungi organ hati Anda. Organ tubuh yang satu ini dapat dengan mudah terjangkit penyakit, oleh karena itu Anda perlu memakan buah yang bernutrisi seperti kawista untuk menjaga hati dari serangan penyakit.

Selain hal di atas, manfaat lain kawis atau buah kawista adalah bisa untuk obat karena gigitan serangga, mengatasi disentri, anti inflamasi, penawar racun, dan melancarkan pencernaan.

Nah, kalau Anda penasaran dengan buah yang satu ini, bisa menemukannya di daerah Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Di daerah Rembang, buah kawis juga diproduksi menjadi sebuah minuman syrup, yang merupkan salah satu minuman khas dari daerah tersebut.

Widi. H

Komentar

News Feed