oleh

Kunai, Senjata Ninja Menyerupai Pisau Kecil dalam Film Naruto

LENSAPENA – Pasca penyerangan terhadap Menkoplhukam, Jenderal TNI Purnawirawan Wiranto, oleh orang yang diduga terpapar rakdikalisme ISIS, di Pandeglang-Banten, kunai menjadi banyak perbincangan. Kunai adalah senjata yang kerap digunakan oleh Ninja.

Ninja atau Shinobi sendiri adalah seseorang yang bergerak secara rahasia atau memiliki keahlian khusus dalam menyusup tanpa suara. Ninja juga bisa dikatakan sebagai seorang mata-mata zaman feodal di Jepang yang terlatih dalam seni ninjutsu alias seni pergerakan sunyi. Berbagai sumber menyebutkan bahwa Kemunculan ninja pada tahun 522 berhubungan erat dengan masuknya seni nonuse ke Jepang. Seni nonuse inilah yang membuka jalan bagi lahirnya ninja.

Baca juga: Awas, Kelompok Anarko Tunggangi Aksi Mahasiswa Jelang Pelantikan Presiden!

Ninja juga memiliki senjata andalan. Senjata yang biasanya dipakai adalah katana (pedang/samurai) yang sering diletakkan di punggung. Lalu, senjata lempar cakram berbentuk bintang. Peralatan canggih ninja lainnya adalah sabit berantai yang disebut kusarigama, kaginawa (jangkar bertali) untuk memanjat dinding, ashiaro untuk membuat jejak kaki palsu agar tidak terlacak saat menjalankan misi, metsubushi (cangkang telur yang diisi dengan pasir dan serbuk logam, biasanya juga kotoran tikus) yang berfungsi untuk membutakan lawan. Selain itu, senjata lainnya adalah shuriken atau dikenal juga dengan kunai.

Kunai ini adalah jenis senjata yang digunakan oleh pelaku dalam aksi nekat di tempat terbuka, menyerang Menkopolhukam, Jendral TNI Purnawirawan Wiranto, di depan Alun-alun Menes, Kabupaten Pandeglang, Kamis 10 Oktober 2019 lalu.

Baca juga: Otak Pelaku Perampokan Truk di Tol Tangerang-Merak Diringkus Polisi

Berbagai sumber menyebutkan bahwa kunai adalah senjata menyerupai pisau kecil berujung runcing yang merupakan senjata genggam Ninja. Senjata seperti kuku ini, oleh para ninja biasanya dijadikan alat untuk menempel di dinding sewaktu memanjat atau menggali tanah. Shuriken atau kunai ini juga menjadi salah satu senjata yang sering digunakan oleh Naruto dalam film kartun Jepang.

Kunai berukuran sekitar 10-15 cm sehingga cukup kecil untuk dibawa ke mana-mana dan disembunyikan di balik baju dari penglihatan orang. Alat ini juga diketahui sebagai senjata standar bagi ninja seperti halnya makibishi. Kunai berukuran kecil juga disebut Tobikunai (secara harafiah: kunai terbang).

Red/Berbagai sumber

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update