oleh

Rapat Evaluasi PPID: Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik

LENSAPENA – Peningkatan teknologi yang pesat menuntut terbukanya kanal informasi oleh setiap badan publik sebagai implementasi keterbukaan informasi publik. Hal ini mendorong kebutuhan akses informasi dan komunikasi masyarakat yang terus meningkat. Demikian dikatakan Kabid Informasi dan Komunikasi pada Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Tangerang, Abdul Munir, dalam kegiatan Rapat Evaluasi dan Bimtek PPID, di Ruang Bola Sundul, Gedung Usaha daerah, Puspemkab, Tigaraksa, Senin 7 Oktober 2019.’

“Badan publik harus hadir di tengah masyarakat di era keterbukaan informasi publik saat ini. Layanan PPID, layanan website, layanan media sosial serta layanan SP4N-LAPOR harus bisa dilaksanakan dengan baik” ujar Abdul Munir.

Baca juga: Butuh Solusi! IKM Alas Kaki di Tangerang “Kembang-kempis”

Munir juga mengungkapkan, melalui rapat evaluasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan peran OPD dalam pengelolaan website, PPID, media sosial dan SP4N-LAPOR. Selain itu juga dapat dapat meningkatan koordinasi layanan informasi dan komunikasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Tini Wartini, menambahkan, Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau e-Government. Hal ini, kata Titi, sebagai ejawantah atas misi keempat Pemerintah Kabupaten Tangerang, yakni Meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang professional, transparan dan akuntabel. Perwujudan pemerintahan yang transparan ini, menurut Titi, tidak lepas dari penerapan keterbukaan informasi publik.

Baca juga: Kurangi Sampah Impor, APTA Ajak Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Tini juga berharap, badan publik mampu meningkatkan peranan dan layanan PPID/PLID, layanan website, layanan media sosial dan layanan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR). SP4N-LAPOR sendiri, kata Titi, baru saja dijadikan Pilot Project Nasional oleh Kemenpan RB Republik Indonesia dan didukung oleh KOICA dan UNDP.

“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat benar-benar memberikan banyak manfaat dan dampak positif yang signifikan. Utamanya dalam memberikan layanan informasi teraktual, terbaru, dan terpercaya kepada masyarakat, serta meningkatkan peran komunikasi pemerintah dan masyarakat. Sehingga segala bentuk upaya kita semua baik melalui program pembangunan daerah, kegiatan sosial masyarakat, maupun program layanan lainnya dapat terekspose dengan baik yang pada akhirnya juga dapat membentuk mindset masyarakat kita yang baik. Untuk bersama-sama bersinergi membangun daerah bersama Pemerintah,” paparnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten Amal Herawan Budhi, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Banten Achmad Nashrudin P, dan Kasi pada Bidang Informatika pada Dinas Kominfo Kabupetan Tangerang Cecep Khaerudin.

Aditya

Komentar

News Feed