oleh

Seruit Menjadi Kuliner Pokok Pesta Adat Lampung

Banner IDwebhost

LENSAPENA – Selain terkenal dengan keripik pisang dan Kopinya yang khas, ternyata Lampung juga memiliki kuliner lain yang unik, dan menambah kekayaan kuliner tradisional Nusantara, yaitu Seruit.

Seruit adalah olahan kuliner berbahan dasar ikan. Seruit dibuat dengan cara digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambal terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. Ikan yang digunakan biasanya jenis ikan sungai seperti ikan belida, baung, layis dan sejenisnya.

Baca juga: Tutup Tak Penuhi Hak Karyawan, PT. Sandrafine Garment Didemo

Kuliner Seruit ini bisa diemukan pada acara-acara pesta adat, acara keagamaan atau saat berkumpul dalam acara-acara lainnya. Kuliner Seruti bagi masyarakat “Bumi Ruwai Jurai” ini merupakan kuliner pokok yang harus dihidangkan dalam setiap acara berkumpul, sejak turun temurun.

Untuk membuat kuliner Seruit ini sendiri, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Pertama adalah menyediakan bahan ikan yang sudah bersih dan sudah dibumbui dengan bumbu yang dihaluskan. Yaitu berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe.

Baca juga: Terkait Pilkades di Kabupaten Tangerang, Ombudsman Terima Dua Laporan

Lalu, ikan dibakar selama kurang lebih sepuluh menit. Saat sudah setengah matang, ikan diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Sementara, sambal untuk campuran seruit adalah cabai merah, cabai kecil, garam, penyedap rasa, rampai, dan terasi baker. Bahan sambal ini lalu ditumbuk hingga halus.

Untuk menikmatinya, seruit harus ditambahkan dengan tempoyak, yakni durian yang sudah diawetkan dan dihaluskan. Setelah itu, seruti siap dihidangkan.

Baca juga: Meski Didemo, Pilkades Tetap Berlanjut Sesuai Tahapan

Untuk menambah selera makan, biasanya hudangan ditabah dengan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi timur, terong baker, jengkol, dan daun jambu monyet. Bahan tambahan ini kemudian dicampurkan dan diaduk menjadi satu. Menikmati kuliner Seruit, biasanya juga dilengkapi dengan minuman Serbat. Serban sendiri adalah jenis muniman dari jus yang terbuat dari mangga kwini.

Nah, untuk Anda yang penasaran ingin mencicipi seperti apa lezatnya kuliner Seruit khas Lampung ini, tak perlu harus menunggu ada pesta, atau acara adat. Di salah satu rumah makan di daerah Bandar Lampung, tepatnya di Jalan Tirtayasa Sukabumi,Bandar Lampung, juga menyediakan kuliner ini. Di rumah makan milik Rusdi ini, pengunjung juga bisa menikmati Seruit lengkap dengan lalapan serta apa yang tersaji pada saat pesta adat Lampung digelar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update