oleh

Terkait Pilkades di Kabupaten Tangerang, Ombudsman Terima Dua Laporan

LENSAPENA – Terkait persoalan Pilkades yang terjadi di Kabupaten Tangerang, Ombudsman RI Perwakilan Banten sudah menerima dua laporan. Laporan tersebut diantaranya adalah terkait hasil tes tertulis kemampuan dasar calon Kades yang digelar beberapa waktu lalu.

“Ada dua laporan. Terkait pemberkasan administrasi dan nilai kelulusan yang dianulir. Kasus yang pertama kan sudah memberikan klarifikasi dari inspektorat dan Sekcam. Kasus yang kedua dalam proses,” ungkap Ketua Ombudsman RI Perwakilan Banten, Bambang Poerwanto Sumo, Kamis 17 Oktober 2019.

Baca juga: Meski Didemo, Pilkades Tetap Berlanjut Sesuai Tahapan

Bambang juga menjelaskan soal Peraturan Bupati (Perbup) No 79 Tahun 2014 tentang tata cara pemilihan, pemilihan antar waktu dan pemberhentian kepala desa. Menurut Bambang, di situ tertulis syarat pendaftaran kepala desa yang salah satunya pelamar bakal calon kepala desa harus menyertakan pernyataan bahwa yang bersangkutan tidak pernah menjadi Kades selama 3 periode.

“Dalam hal ini pelapor sampai batas akhir tidak melengkapi persyaratan tersebut. Dengan demikian oleh Pansel dianggap tidak memenuhi syarat sebagai bakal calon Kades. Yang bersangkutan tidak lulus secara administratif,” tandasnya.

Baca juga: Waduh, Pilkades Serentak Membara! Test Tertulis LPM ICD Disoal

Terkait pertemuan antara Pemkab Tangerang dengan Ombudsman kemarin, kata Bambang, pihaknya bertemu dengan Sekda Kabupaten Tangerang bersama-sama dengan Asda III, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Kabag Hukum, dan Kabag Infokom.

Dalam pertemuan tersebut, kata Bambang, pihaknya tidak membahas terkait adanya dugaan persoalan yang terjadi dalam proses Pilkades serentak 153 desa di daerah tersebut.

Baca juga: Fenomenal, Buku Puisi “Kidung Cisadane” Karya Rini Intama

“Pertemuan atau kunjungan Sekda, Asda 3, Kadis Pemdes (DPMPD-red), Kabag Hukum, Kabag Infokom, hanya menjelaskan tahapan Pilkades. Tidak membahas kasus yang sedang berlangsung. Setelah pertemuan tesebut datang pelapor yang melaporkan hasil tesnya dianulir. Sekarang dalam proses penanganan ,” tandasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

News Update