oleh

Batik Tangerang Tampil dalam Bentuk Sepatu Cantik dan Keren

LENSAPENA – Siapa sih yang tidak mengetahui soal batik? Batik merupakan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia. Nah, bicara soal batik, Kabupaten Tangerang kini memiliki batik khas yang sudah dikenal oleh masyarakat umum. Batik Kabupaten Tangerang juga tidak kalah cantik dan keren dengan motif-motif batik daerah lain.

Batik Kabupaten Tangerang tidak hanya ditampilkan dalam bentuk kain saja, tetapi diinovasi menjadi berbagai produk, diantaranya adalah sepatu. Salah seorang pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kabupaten Tangerang yang menyulap batik menjadi produk sepatu ini, adalah Kristin.

Kristin berinovasi membuat sepatu batik dengan nama brand DEKRRO. Kristin mengaku tertarik membuat sepatu batik karena melihat potensi Kabupaten Tangerang sebagai daerah industri yang dikenal dengan produk sepatunya. Kristin mengaku, memulai bisnis sepatu batiknya sejak 2017 lalu.

Baca juga: MTQ Emas Kabupaten Tangerang Dibuka dengan Pawai Ta’ruf

“Jadi kami ini merupakan binaan dari Kecamatan Pasar Kemis, tapi kalau yang produksi sepatu batik baru saya se-Kabupaten Tangerang,” jelasnya saat ditemui di salah satu stand dalam acara MTQ ke-50 Kabupaten Tangerang di Kecamatan Pasar Kemis, Senin 4 November 2019.

Dia juga mengakatakan, tidak hanya oleh masyarakat Tangerang, sepatu batik yang ia jual ternyata diminati oleh manca negara.

“Yang order dari kami juga banyak warga Tangerang, Kalau ekspor kita sudah sampai ke Nigeria dan Afrika Tengah,” uangkapnya.

Menurutnya, ia sangat mengutamakan motif khas Kabupaten Tangerang saja, ukurannya pun hanya untuk dewasa. Soal harga, kata Kristin, sangat terjangkau, hanya 150 ribuan.

“Motifnya yang pasti kita pakai khas Kabupaten Tangerang, tapi kalu ukuran kita belum ada untuk anak-anak baru dewasa saja,” ujarnya.

Dengan adanya acara ini, kristin berharap agar masyarakat lebih mengetahui bahwa batik itu tidak hanyak baju dan selembar kain saja.

“Ya bagus dengan ada acara ini, masyarakat yang datang kesini lebih tahu batik itu gak hanya baju dan selembar kain saja,” tandasnya.

Baca juga: Dalam 4 Jam 208 Unit Klaster Agnesi Summarcon Serpong Terjual

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE