oleh

Benarkah Kejatuhan Buah Sianto Bakal Mendapatkan Keberuntungan?

Banner IDwebhost

LENSAPENA – Pohon dewadaru dalam bahasa Latin Mesua ferrea adalah sejenis pohon manggis-manggisan atau Clusiaceae. Sebagian orang menyebutnya pohon sianto. Namun ada juga yang mengatakan asam selong atau asam Belanda. Berbagai sumber menyebutkan bahwa tumbuhan ini berasal dari Sri Langka, dan menjadi pohon nasional di negara itu. Tumbuhan ini juga terdapat di beberapa daerah di Indonesia seperti Pulau Karimun Jawa dan kawasan ziarah Gunung Kawi Jawa Timur.

Dewadaru memiliki kayu yang berat dan keras. Karena berat dan keras banyak orang menyebutnya kayu besi. Dari situlah, sebagian orang mempercayai jika batang kayu ini dulunya dijadikan tongkat oleh para wali. Oleh masyarakat Jawa dewadaru dianggap sebagai pohon keramat.

Nah, bicara soal pohon dan buah yang satu ini, di daerah Tangerang, khususnya di Klenteng Tjoe Soe Kong yang terletak di sekitar Pantai Tanjung Kait Mauk, juga terdapat dewadaru. Pohon yang buah dipercaya bisa membawa keberuntungan ini tumbuh di pojok sebelah kanan bangunan utama Klenteng Tjoe Soe Kong.

Tadinya, setiap hari ada saja yang mendatangai pohon tersebut: sekadar duduk di bawah pohonnya, atau terkadang juga sambil tiduran di atas bale. Mereka menunggu buah tersebut jatuh, dengan harapan mengenai bagian tubuhnya. Jika kejatuhan buah atau daun pohon tersebut, diyakini akan mendapatkan keberuntungan, baik jodoh, rezeki, derajat atau keselamatan.

Arsali (64), salah seorang warga yang ikut mengelola bagian dari Klenteng Tjoe Soe Kong, mengungkapkan, pohon yang diyakini bisa membawa keberuntungan ini juga terdapat di Gunung Kawi. Dia juga mengatakan, di Gunung Kawi dulunya batang pohon tersebut adalah tongkat Eyang Junggo dari daratan China. Eyang Junggo adalah tokoh yang dikeramatkan di Gunung Kawi.

“Sekarang sih masih ada aja (yang mencari keberuntungan-red), tapi jarang,” ucapnya.

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan pengelola Klenteng Tjoe Soe Kong, Soen Kim (79). Menurutnya, memang banyak orang yang mengait-kaitkan pohon dewandaru sianto di klenteng tersebut dengan tempat ziarah keramat Gunung Kawi.

Komentar

News Update