oleh

Inilah Bangunan di Dalam Benteng Pendem Cilacap

LENSAPENA – Mengungkap tabir Benteng Pendem Cilacap tak lepas dari history penjajah Belanda pada abad 18-an. Karena, benteng yang terletak di pesisir Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah ini, dibangun oleh pemerintahan Hindia Belanda.

Namun para pekerja yang mendirikan bangunan super kokoh sebagai markas pertahanan tentara Hindia Belanda kala itu adalah orang-orang pribumi yang dipekerjakan paksa, atau kerja rodi.

Imanudin selaku Pelaksana Teknis Pengeolaan Obyek Wisata Benteng Pendem Cilacap ini, menjelaskan bahwa Benteng Pendem dibangun di area seluas 6,5 hektare secara bertahap selama 18 tahun, yaitu dari tahun 1861 hingga 1879.

“Yang membangun Hindia Belanda, tetapi yang mengerjakan adalah orang-orang kita waktu itu, termasuk dalam kerja paksa, rodi,” ujar Imanudin.

Aminudin juga mengungkapkan, benteng yang kala itu sempat tertutup tanah pesisir pantai, tidak terurus, dan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap mulai digali pada tahun 1986, banyak ditemukan bangunan-bangunan yang hingga saat ini masih kokoh dan kuat, yang diantaranya menggunakan batu bata merah tebal tanpa konstruksi beton bertulang.

Sebagai tempat bertahan, Benteng Pendem dikelilingi parit selebar sekitar 10 meter. Parit tersebut mengelilingi sisi timur, utara dan barat benteng. Di sisi timur, terdapat sebuah jembatan beton selebar sekitar satu meter membentang di atas parit.

Saat ini, sisi selatan jembatan tersebut kerap ditemukan anak-anak yang asyik berenang. Mereka mengharapkan para pengunjung atau wisatawan yang melintas melemparkan uang koin. Begitu uang koin dilempar, anak-anak tersebut langsung menyelam dan berebut mencapai uang recehan di dasar parit.

Lalu, di balik parit, terdapat bangunan yang dulu difungsikan sebagai tempat jaga dan pertahanan. Bangunan tersebut memiliki lebar ruangan sekitar empat meter dengan tebal dinding seukuran. Namun, di ujung dinding, menghadap ke parit, terdapat sebuah lubang kecil melintang yang berukuran tidak lebih dari 10 sentimeter. Dari lubang kecil itulah, menurut Aminudin, moncong senjata pasukan kolonial Belanda diarahkan ketika mendapat serangan.

Bangunan sejenis juga berada di setiap sisi Benteng Pendem. Bangunan itu disebut benteng pertahanan jarak dekat. Total ada empat benteng pertahanan jarak dekat.

Di Benteng Pendem, juga masih tersisa tiga blok bangunan penjara. Letaknya di sisi paling selatan benteng. Dinding penjara ini sangat tebal, atau sekitar 2 meter, dan hanya terdapat satu pintu di masing-masing blok. Di setiap kamar berukuran 4×3 meter, dan terdapat satu jendela dilengkapi teralis berlapis.

Di samping ruang penjara terdapat ruang penyimpanan amunisi. Terdapat dua ruangan yang kala itu digunakan sebagai gudang senjata. Di bawah lantai bangunan ini ada bak air yang berfungsi sebagai pendingin ruangan agar bubuk mesiu tidak mudah meledak.

Sedangkan sebelah timur dan utara benteng, terdapat ruangan barak. Di dinding barak tertulis angka 1877 yang masih bisa terbaca jelas. Dan, pada tahun itulah, tentara kolonial membangun 14 kamar barak yang dijadikan oleh para tentara Belanda tidur.

Sebagai benteng pertahanan, di Benteng Pendem juga terdapat landasan meriam. Enam landasan di atas benteng bagian timur dan enam lainnya di sisi selatan. Sedangkan tepat di atas gudang senjata terdapat lima landasan meriam.

Di Benteng Pendem ini juga terdapat sebuah terowongan, letaknya di sisi selatan. Di pintu terowongan ini tertulisan angka 1868 yang menandakan tahun pembangunan terowongan. Di dalam terowongan sepanjang sekitar 100 meter tersebut terdapat ruang perwira berukuran sekitar 20X8 meter. Terowongan ini dilengkapi sebuah ruang pengintai. Selain itu, juga terdapat ruang pertahanan berbentuk sama persis dengan benteng pertahanan jarak dekat.

Dan, sejak digali dan diperlihatkan kembali bentuk asli benteng tersebut pada tahun 1986, Pemerintah Kabupaten Cilacap menjadikan kawasan ini sebagai destinasi wisata sejarah di Kabupaten Cilacap. Namun sejak awal 2019 ini, kawasan wisata Benteng Pendem Cilacap, pengelolaannya diserahkan kepada Koperasi Kodim 0703 Cilacap.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update