oleh

Dr. Rose Mini: Orang Tua Harus Edukasi Anak Positif Soal COVID-19

LENSAPENA – Psikolog Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes Salim meminta agar orang tua memberikan edukasi yang positif kepada anak-anaknya terkait pandemi Virus Corona atau COVID-19. Orang tua juga jangan sampai menularkan kecemasan pada anak selama terjadinya wabah virus asal Wuhan negeri Tiongkok yang sudah masuk ke Indonesia tersebut.

Rose mencontohkan, edukasi positif yang harus dilakukan oleh para orang tua seperti halnya bagaimana orang tua memberikan pemahaman bahwa penularan virus dapat dicegah, jika tertular besar kemungkinan akan sembuh. Kemudian menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

Edukasi yang dilakukan bisa melalui boneka, film maupun main peran bersama untuk anak yang berusia balita. Sedangkan untuk anak yang sudah besar bisa diajak diskusi.

“Ajarkan ke anak, kalau sakit tidak enak. Maka dengan demikian anak memahami mengapa penting mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri. Jadi sekali lagi, kecemasan tidak perlu ditularkan pada anak,” ujar Dr. Rose Mini Agoes Salim saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis 19 Maret 2020..

Dikatakan pula, anak-anak tidak sekolah dan orang tua juga tidak ke kantor. Tidak dipungkiri, ini juga bisa menimbulkan kecemasan. Pun demikian, kata Rose, para orang tua agar tidak memberikan informasi yang menimbulkan kecemasan seperti jika positif COVID-19 maka akan mati atau hal-hal lain yang menakutkan.

“Dalam hal ini orang tua jangan cemas, apalagi kecemasan itu ditularkan pada anak. Orang tua harus memberikan edukasi yang positif, agar anak-anak juga mengerti dan tidak cemas,” tandasnya.

Untuk diketahui, sejumlah pemerintah daerah meliburkan sekolah hingga 14 hari untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di lingkup satuan pendidikan. Sebagai gantinya, peserta didik dilakukan pembelajaran daring di rumah.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE