oleh

Hindari COVID-19, Dirlantas PMJ: Hentikan Razia

LENSAPENA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo memerintahkan seluruh jajaran untuk menghentikan razia pemeriksaan kelengkapan dokumen kendaraan guna menghindari penyebaran Virus Corona (COVID-19).

“Razia sudah saya suruh berhentikan,” kata Sambodo di Jakarta, Kamis 19 Maret 2020.

Selain itu, Sambodo juga meminta jajaran Polisi Lalu Lintas mengurangi tindakan bukti pelanggaran (tilang) terhadap pengendara yang melanggar.

Sambodo menekankan tilang diberlakukan terhadap pelanggaran yang terlihat secara kasat mata dan membahayakan lalu lintas atau masyarakat.

Pelanggaran yang diambil tindakan tilang seperti melawan arus, jalur busway dan tidak menggunakan helm.

Diungkapkan Sambodo, penghentian tindakan razia dan pengurangan tilang untuk menghindari penumpukkan massa sidang pelanggaran lalu lintas di pengadilan.

“Untuk menghindari COVID-19 dan kedua mencegah penumpukkan massa di sidang pengadilan, karena biasanya ada kerumunan,” ujar Sambodo.

Sambodo menuturkan Polisi juga berempati terhadap masyarakat terkait penyebaran COVID-19 karena dalam kondisi kesulitan tidak memungkinkan petugas melaksanakan razia.

Di sisi lain, Sambodo juga menegaskan, di tengah mewabahnya virus Corona, Polantas yang setiap hari bekerja bersentuhan langsung dengan masyarakat kini harus ekstra waspada.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kini tengah menyiapkan alat pelindung diri (APD) sebagai kelengkapan operasional Polantas di lapangan.

Sambodo mencontohkan, APD dikenakan bagi anggota ketika menangani korban kecelakaan lalu lintas atau ketika berhadapan dengan warga yang tiba-tiba sakit di jalan.

“Ini kita lagi siapkan APD. Jadi untuk kasus-kasus langka tertentu yang memang belum jelas penyebabnya apa, itu memang anggota dilengkapi, tidak hanya anggota lantas, terutama anggota Polsek, anggota Polres yang pertama datang ke TKP. Nanti anggota dilengkapi APD, ini kita lagi pesan,” jelasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

News Update