oleh

Inilah Manfaat Tumbuhan Herbal Temulawak untuk Kesehatan

LENSAPENA – Temulawak atau dengan nama ilmiah Curcuma zanthorrhiza adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Temulawak berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Di Indonesia sendiri Temulawak banyak digunakan untuk jamu godog.

Selain dimanfaatkan sebagai jamu, Temulawak juga sering digunakan untuk sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur untuk dikonsumsi orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan dan bayi.

Temulawak dapat dibudidayakan secara sederhana bahkan terkadang dapat tumbuh tanpa kita duga. Namun Temulawak lebih sering ditemukan di daerah pedesaan, terutama di dataran sedang dan tinggi. Temulawak juga lebih sering tumbuh dengan baik di lahan-lahan yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari. Kandungan lain yang terdapat pada Temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin.

Nah, bicara soal Temulawak ternyata menganadung 48-59,64 persen zat tepung, 1,6-2,2 persen kurkumin dan 1,48-1,63 persen minyak asiri yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Dari kandungan yang dimiliki jenis tanaman herbal yang satu ini, memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Dari berbagai sumber, berikut manfaat Temulawak bagi kesehatan:

Temulawak Bisa Mencegah kanker

Temulawak juga sering disebut sebagai gingsengnya Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat mujarab Temulawak adalah mencegah dan menangkal radikal bebas. Temulawak mampu membantu menyusutkan sel kanker pada pasien stadium lanjut. Karena kanker bisa terjadi karena radikal bebas, maka Temulawak yang mencegah radikal bebas dapat mencegah terbentuknya kanker di badan.

Meningkatkan stamina

Untuk meningkatkan stamina tubuh, ramuan herbal Temulawak lebih baik dibandingkan dari mengkonsusmi minuman suplemen stamina yang terbuat dari bahan kimia. Caranya adalah campurkan Temulawak dengan kunyit kemudian dikonsumsi. Racikan ini bisa membuat tubuh tidak gampang lelah dan lebih bersemangat. Hal ini bisa terjadi karena kandungan tonikum di dalamnya.

Untuk mengatasi masuk angin

Temulawak juga bisa untuk mengatasi masuk angin. Masuk angin sendiri dimana kondisi tubuh merasa tidak enak yang biasanya disertai dengan perut kembung, kepala pusing, menggigil, atau mual. Nah, untuk mengatasinya, Temulawak dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat, dan mengurangi rasa mual yang diakibatkan oleh masuk angin tersebut.

Mengatasi masalah sistem pencernaan

Mengkonsumsi temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu, sehingga dapat membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Temulawak baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan menambah nafsu makan untuk anak-anak. Selain diolah menjadi jamu untuk diminum, temulawak juga sering menjadi salah satu tambahan obat herbal untuk membuat obat-obatan penambah nafsu makan.

Mengatasi peradangan sendi

Peradangan pada sendi atau osteoarthritis sering kali membuat penderitanya mengalami sakit di bagian sendi. Mengkonsumsi temulawak dipercaya dapat meredakan sakit pada sendi. Bahkan sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan, temulawak memiliki khasiat yang sama dengan ibuprofen yang sering diberikan pada pasien osteoarthritis.

Meningkatkan imunitas

Temulawak ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh akan lebih terhindar dari penyakit-penyakit ringan yang bisa menyerang kapan saja. Caranya, buatlah ramuan temulawak dengan cara menghaluskan temulawak kemudian diambil sarinya. Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum sehari-hari.

Temulawak bisa untuk membersihkan kulit wajah

Selain bermanfaat untuk tubuh, ternyata temulawak juga baik untuk kulit. Diantaranya adalah bisa untuk mengatasi jerawat, menghaluskan wajah, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, melembabkan kulit, mencegah terjadinya penuaan dini, meremajakan kulit, menyamarkan bekas luka, hingga antioksidan bagi kulit. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan meminum sarinya. Cara lain adalah dengan membuatnya menjadi masker. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa menambahkan madu dan jeruk nipis. Untuk masker, pilihlah temulawak bubuk agar lebih mudah cara pemakaiannya. Perawatan menggunakan cara alami ini merupakan perawatan jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dirasakan secara instan. Jadi, harus bersabar dan telaten dalam menggunakannya.

Efek samping Temulawak

Meskipun alami, penggunaan temulawak tidak boleh sembarangan karena dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi temulawak secara berlebihan adalah dapat merangsang cairan empedu, sehingga dapat memperburuk kondisi penderita gangguan hati dan kandung empedu. Hal ini bisa terjadi karena Temulawak memiliki banyak kandungan zat yang dapat merangsang produksi empedu. Temulawak juga sebaiknya tidak dikonsumdi untuk ibu hamil dan menyusui karena dapat membahayakan janin.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE