oleh

Langkah Pemkab Tangareng dalam Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona

LENSAPENA – Dalam mengantisipasi penyenaran Virus Corona (COVID-19) di wilayah Kabupaten Tangerang, pemerintah setempat mengerahkan SDM, baik di tingkat OPD, Puskesmas dan kecamatan untuk melakukan sosialiasi pencegahan birus tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyied, mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah menggelar rapat mengenai penanganan dan sosialisasi dampak penyebaran suspek Virus Corona.

Rapat dihadiri oleh Kepala OPD, camat dan 40 Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Tangerang. Pemkab Tangerang, kata Sekda, akan mensosialisasikan secara menyeluruh penanganan dan antisipasi dampak penyebaran Virus Corona hingga ke pelosok desa di Kabupaten Tangerang.

“Upaya penanganan sudah dilakukan Pemkab Tangerang, oleh masing-masing Puskesmas dan RSUD Tangerang sejak Januari 2020,” ungkapnya.

Sekda pun menghimbau kepada para ASN, tenaga medis, hingga camat dan masyarakat Kabupaten Tangerang agar tidak panik dengan maraknya kasus Virus Corona ini. Karena Pemkab Tangerang melakukan pemantauan secara aktif, baik Warga Neraga Indonesia (WNI) yang pergi keluar negeri maupum Warga Negara Asing (WNA) yang berkunjung, terus berupaya mengecek.

“Saya mengimbau kepada ASN dan masyarakat agar tidak panik, dan lebih waspada menjaga prilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat. Kalo tidak sakit jangan pake masker,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meminta masyarakat tidak panik dan tetap waspada dengan Virus Corona atau COVID-19 yang akhir-akhir ini sudah mulai masuk ke wilayah Indonesia.

Zaki juga mengimbau agar masyarakat fokus menjaga kebersiahan diri dan terus meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan yang mengandung vitamin. Selain itu juga mangonsumsi makanan yang sehat, serta istirahat yang cukup. Karena menurut Zaki ini adalah salah satu cara untuk menangkalnya.

“Mari kita jaga kebersihan tubuh, agar terhindar dari virus dan segala hal penyakit,” kata Ahmed Zaki Iskandar.

Zaki juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus mengantisipasi dampak penyebaran Virus Corona, salah satunya adalah mensosialisasikan bagai mana penularan dan langkah penanganannya.

“Saya sudah intruksikan melakukan pemantauan, mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Dinkes sudah bergerak di wilayah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Virus Corona atau Novel Corona Virus (Covid-19) adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Wuhan Cina. Virus Corona merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan Mers.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE