oleh

Terinspirasi Film Horor atau Lagu Billie Eilish? Motif Pembunuh Bocah 5 Tahun Masih Didalami

LENSAPENA – Kasus pembunuhan terhadap APA bocah 5 tahun oleh NF (15), warga Jalan B2 Karang Anyar RT 004/RW 06, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Kamis 5 Maret 2020, masih menjadi teka-teki. Polisi juga masih terus mendalami kasus tersebut. Pelakunya pun sudah menyerahkan diri satu hari setelah kejadian tersebut.

Terkait kasus pembunuhan sadis pelaku yang menghabisi nyawa korbannya dengan cara menenggelamkannya ke dalam bak kamar mandi saat mengambil mainan, dan mencolok leher korban saat berada di dalam bak, lalu mengikat leher menggunakan kain, serta menyumpal mulut dan memasukannya ke dalam lemari baju yang ada di dalam kamar pelaku ini pun menjadi perbincangan hangat warganet di media sosial twiter dengan tanda pagar #psikopat.

Berbagai persepsi pun muncul dalam cuitan tersebut, mulai dari yang mengunggah tulisan status pelaku di media sosial pasca pembunuhan sadis tersebut, tulisan status saat pelaku menyerahkan di ke polisi, berbagai persepsi yang mengait-kaitkan tulisan tersebut dengan salah satu lirik lagu milik Billie Eilish, hingga mengecam aksi sadis tersebut.

Seperti yang ditulis oleh pemilik akun status twiter bernama @Budiput18544110. Dalam cuitannya ia menulis status pelaku yang ia kutip dari aku facebook yang diyakini milik pelaku.

@Budiput18544110″Tolong ayah jangan buatku marah,jk km tidk ingin mati,aku akan membuatmu pergi k kubur ayah sy naksir sy,sy ingin meningggalkan ayah saya atau ayah sy mati ttp tnang perbudakan ayah dan beri aku siksaan. Ini curhatannya si #fanyann yg gw translete d buku,#psikopat” Tulis @Budiput18544110 dalam cuitannya.

Cuitan itu pun mendapat komentar dari pemilik akun @terungkurindu.

@terungkurindu “Fyi bro, Daddy itu gak harus selalu mengarah ke sosok ayah. Daddy itu bisa dibelokan ke artinya seseorang yg paling dominan dalam berhubungan. Misal, suami-istri nih, istrinya manggil suaminya dengan sebutan daddy karna dia paling dominan dalam berhubungan, itu kultur LN bro.” Komentar @terungkurindu.

Tanggapan juga muncul dari oleh pemilik akun twitter @rewo_rewoo.

@rewo_rewoo “bro, saya tau betul apa yang ditulis sama anak umur 15 tahun pelaku pembunuhan itu bukan curhatan hati dia. itu semua lyric lagu billie eilish.! mungkinkah pengaruh dari music nya.??? share pendapat kamu.!”

Sementara itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam komentarnya di beberapa Media Nasional mempertanyakan soal pengawasan orangtua si pelaku hingga anaknya tersebut nekat membunuh bocah tak berdosa itu dengan keji di rumahnya sendiri.

“Di sini tidak ada peran keluarga karena di rumah biasanya ada orangtua, apakah tidak ada pantauan orangtua atau rumah itu kosong? Ini catatan krusial sehingga ada tindakan kejahatan yang mulus tanpa diketahui orang dewasa,” kata Komisioner KPAI Ai Maryati.

Ai juga mengungkapkan bahwa peristiwa tersebut bisa dihindari bila ada orang tua yang mengawasi prilaku anaknya itu. Ia pun mendesak pihak kepolisian untuk mendalami pengawasan orang tua dalam kasus ini, termasuk motif si pelaku melakukan tindakan keji tersebut. Karena menurutnya, pembunuhan itu tidak serta merta hanya didasari oleh film yang ditonton si pelaku.

“Mungkin ada kelemahan korban atau ada human interest, atau kekecewaan lain yang dilampiaskan ke anak ini, atau relasi yang powerful,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, terangka NF (15) diduga terinspirasi dari sejumlah karakter fiksi horor.

“Semua masih didalami, tapi pengakuan awal tersangka sering nonton film horor Chuky. Dia senang nonton film horor dan itu memang hobinya,” ujar Kombes Pol Yusri Yunus.

Pihak kepolisian juga menemukan berbagai coretan tangan tersangka berupa karakter fiksi kartun. Tokoh kartun yang tersirat menggunakan pensil pada tumpukan beberapa kertas jenis HVS A4 itu di antaranya adalah The Slender Man. Ada juga beberapa karakter anime perempuan dengan raut wajah yang sedang menangis.

Polisi juga memperoleh petunjuk berupa curahan hati NF dalam selembar kertas bertuliskan “Mau siksa baby dengan senang hati, atau gak tega”.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE