oleh

Waduh! Kandang Ayam di Ciakar Panongan Sebarkan Bau Busuk dan Datangkan Lalat

LENSAPENA – Aktivitas peternakan ayam di wilayah Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang dikeluhkan warga. Pasalnya, hampir setiap hari menyebarkan bau busuk kotoran ayam. Bahkan pada hari-hari tertentu menimbulkan banyak lalat.

Menurut Ujang, salah seorang warga desa tersebut, aktivitas dan bau busuk ini sudah sejak lama. Tidak hanya menyebar ke wilayah perkampungan, tapi juga warga perumahan yang berbatasan langsung dengan kandang ayam tersebut.

“Ya begini, baunya busuk, menyebar ke mana-mana,” ujar Ujang, Rabu 4 Maret 2020.

Ia juga mengungkapkan, peternakan ayam, apalagi dengan skala besar seperti ini seharusnya berada jauh dari pemukiman warga. Karena, bau kotoran serta lalat yang ditimbulkan berpotensi menimbulkan banyak penyakit.

“Apalagi kalau musim hujan begini. Belum lagi ini ada isu-isu soal virus yang macam-macam, kita sebagai warga jadi ikut resah juga. Mau mengikuti pola hidup sehat yang disarankan pemerintah juga bingung, kalau setiap hari dikasih bau kotoran ayam,” tandasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik, mengaku jika pihaknya pernah melakukan pengecekan terhadap aktivitas kandang ayam tersebut. Namun kata Taufik, saat ke lokasi tidak ada aktivitas ilias sepi.

“Sudah dicek lapangan, sejak 2018 peternakan ayam petelur, kalau ternak pedaging juga sudah dicek. Namun pada saat pengecekan kandang sudah kosong,” ujar Taufik saat dikomfirmasi via WhatsApp, Rabu 4 Maret 2020.

Pun demikian, kalau ternyata saat ini masih ada aktivitas, kata Taufik, pihaknya akan berkoordinasi dengan Sat Pol PP.

“Nanti kita Koordinasi ke Pol PP. Kita serahkan mekanismenya kepada OPD tersebut,” ucap Taufik singkat.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE