oleh

Menghadapi PSBB, Warga Paninggilan Dirikan Kampung Sigacor

LENSAPENA – Mulai 10 April 2020 besok, secara efektif Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tidak menutup kemungkinan PSBB juga akan segera diikuti oleh pemerintah kota/kabupaten di sekitarnya. Berbagai upaya pun dipersiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi saat pemberlakuan PSBB tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan oleh masyarakat di RW 09 Kelurahan Paninggilan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. Secara swadaya warga di sini membuat Kampung Sigacor alias Siaga Corona. Kampung Sigacor sendiri bertujuan untuk membantu warga yang terdampak akibat dari penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Pembentukan Kampung Sigacor sendiri, kami buat untuk membantu warga yang ada di RW 09, baik mereka yang ODP (orang dalam pengawasan), PDP (pasien dalam pengawasan) maupun warga yang terdampak dari COVID-19,” tutur Ridwan Mufid Hamid selaku Ketua Satgas COVID-19 tingkat RW 09 saat diwawancara, Rabu 08 April 2020.

Dalam membantu warganya yang terdampak COVID-19, mereka (Kampung Sigacor) menerapkan sistem gotong royong mengumpulkan sembako berupa apa pun dengan sukarela.

“Untuk membantu kami mengumpulkan sumbangan dari warga, dan itu semampunya. Ada yang menyumbang beras, duit, mie instan, apa pun lah yang mereka bisa kasih. Nanti kita kumpulkan dan kami akan bagikan kepada yang berhak menerima,” katanya.

Ridwan juga menuturkan bahwa keberadaan Kampung Sigacor ini bisa menjadi satu pembelajaran bagi masyarakat lainya, terutama dalam memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai penanganan di saat salah satu warga ada yang terpapar virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Kami sebagai Satgas COVID-19 di tingkat RW 09 juga memberi edukasi dan pemahaman kepada warga agar tidak adalagi pengusiran dan penolakan bagi warga yang terkena COVID-19. Karna virus ini bukan penyakit kutukan, siapa pun bisa terjangkit, dan saatnya bagi kita untuk membantu mereka yang sedang dalam kesusahan,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update