oleh

RSUD Kota Tangerang Sepenuhnya Layani Pasien COVID-19

LENSAPENA – Mulai Senin, 20 April 2020, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang sepenuhnya memberikan pelayanan khusus bagi pasien COVID-19. Untuk pasien dengan keluhan umum lainnya dirujuk ke rumah sakit swasta di wilayah Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, menjelaskan bahwa mekanisme pelaksanaanya yakni menerima rujukan dari Puskesmas dan dari rumah sakit lainnya. Untuk ketersedian tempat tidur saat ini berjumlah 100.

“Untuk pasien dari sejak kemarin sudah tidak menerima yang umum, jika ada diarahkan ke rumah sakit lainnya, jadi di situ khusus bagi pasien COVID-19” ungkap Arief R. Wismansyah.

Sementara itu, Kepala Humas RSUD Kota Tangerang Tintin Supriatin menambahkan bahwa saat ini pelayanan poliklinik rawat jalan pun ditutup sementara. Terkait hal ini pula, manajemen RSUD Kota Tangerang telah membuat edaran tentang pelayanan yang hanya dikhususkan bagi pasien COVID-19.

“Manajemen juga telah mengirimkan surat kepada pihak BPJS agar pasien program JKN-KIS yang tidak menderita COVID-19, agar tidak dirujuk ke RSUD Kota Tangerang,” kata Tintin.

Ia menjelaskan, RSUD menerima pasien dengan kategori grade dua dan terakhir, atau yang masuk kategori buruk. Kemudian untuk pasien saat ini yang dirawat ada sejumlah 18 orang dengan status PDP.

Sedangkan semua dokter dan perawat di RSUD Kota Tangerang yang berjumlah kurang lebih 400 orang, dikerahkan dalam pelayanan dengan sistem kerja terbagi dalam 3 shift. Semua petugas dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang sesuai dengan standar protokol kesehatan.

“Untuk APD bagi petugas disini dalam kondisi aman untuk satu bulan, harapan kami tentu masyarakat dapat memahami situasi saat ini dan mengerti untuk bisa menjaga diri dengan mengikuti semua anjuran pemerintah,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE