oleh

Foto Bupati Tangerang Berjubal di Pasar Curug Menuai Kritik Aktivis Pemuda

LENSAPENA | Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Tangerang diperpanjang hingga empat edisi. Untuk edisi ke-empat akan berakhir pada 28 Juni 2020 nanti.

PSBB diterapkan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang sudah menjadi pandemi global dan telah menyebar di lebih dari 200 negara di dunia tersebut. Dalam penerapan PSBB ini, yang wajib dijalankan adalah rajin cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, pakai masker, jaga jarak (sosial distancing atau physical distancing). Artinya, tidak boleh berjubal atau dempet-dempetan.

Nah, menyikapi penerapan PSBB yang sudah memasuki seri ke-empat ini, salah seorang tokoh aktivis pemuda di Kabupaten Tangerang memberikan kritik terhadap kegiatan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, pada saat kunjungan ke Pasar Curug, Kabupaten Tangerang, Senin 22 Juni 2020.

Dalam kegiatan ini, beredar foto Bupati Tangerang sedang berdialog dengan pedagang, dan dikelilingi oleh banyak orang yang saling berdempet-dempetan alias mengabaikan physical distancing.

“Gimana, itu kok bejubel gitu? Emang ga ada protokolnya gitu? Selain membahayakan, kan sama aja ini salah satu penyebab lambatnya dalam memutus mata rantai virus COVID-19, dan masyarakat akan cuek kalau setiap kunjungan Pak Bupati seperti itu. Apa lagi masih PSBB sampai 28 Juni 2020, dan PSBL di beberapa wilayah,” ujar Saepul alias Ipung, salah seorang tokoh aktivis pemuda di Kabupaten Tangerang saraya menunjukkan foto bupati yang sedang dalam kerumunan warga.

Seharusnya protokol bupati tidak melakukan pembiaran ketika warga berkerumun dan berdempet-dempetan. Dan, Sat Pol PP yang berada dalam kegiatan bupati tersebut seharusnya bisa melakukan pencegahan. Karena, kondisi seperti ini sangat berpotensi menjadi penyebab penyebaran virus asal Wuhan-Tiongkok tersebut.

Saat dikonfirmasi soal bagaimana protokol bupati saat melakukan kunjungan ke warga dalam penerapan PSBB melalui WhatsApp, Kasubbag Protokol pada Bagian Umum Setda Kabupaten Tangerang belum memberikan menjawab. Hingga berita ini diturunkan, Kasubbag Protokol juga belum memberikan komentar.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE