oleh

4 Tips Mudah Menata Halaman Depan Rumah Minimalis

LENSAPENA | Rumah seharusnya menjadi tempat yang paling nyaman untuk ditinggali. Jika Anda mau menatanya dengan sebaik-baiknya tentunya rumah yang nyaman bisa didapatkan. Namun, ada beberapa hal yang bisa membuat rumah menjadi kurang nyaman.

Misalnya, rumah dengan lahan yang cukup terbatas. Saat memiliki rumah di lahan yang tidak terlalu luas, tentunya sangat menantang karena harus membuat rumah tetap terlihat rapi dan nyaman untuk ditinggali.

Saat rumah memiliki lahan yang sempit, tentunya lahan untuk bagian halaman pun juga tidak akan terlalu luas. Rumah tanpa halaman memang akan terlihat tidak menarik. Jadi jika ingin menambah nilai estetika dari rumah, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk mulai mencoba menata halaman rumah.

Dilansir dari website citraraya.com, berikut ini 4 tips mudah menata halaman depan rumah yang sempit yang perlu Anda ketahui.

Buat Vertical Garden

Vertical garden bisa menjadi pilihan untuk halaman depan rumah dengan lahan yang sempit. Membuat vertical garden ini juga cukup mudah karena Anda hanya harus menata tanaman dengan wujud vertikal sehingga tidak akan membutuhkan banyak ruang di halaman. Vertical garden ini akan cocok diletakkan pada pagar atau dinding di depan rumah.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa tanaman yang sudah ditanam di dalam pot. Kemudian gantungkan pot tanaman tersebut secara vertikal di bagian dinding atau pagar. Selain tidak akan memakan banyak tempat, teknik vertical garden ini juga lebih mudah untuk dipindah-pindah. Jadi misalkan bosan dengan hiasan tanamannya, maka Anda bisa memindahkannya dan menggantikannya dengan tanaman yang baru.

Jangan Asal Menanam Tanaman

Jika Anda memiliki lahan yang luas, memang sangat memungkinkan untuk ditanami dengan berbagai tumbuhan. Namun, jika halaman depan rumah cukup sempit, sebaiknya jangan asal menanam tanaman. Lahan yang sempit tentunya akan terlihat tidak menarik jika Anda memberikan tanaman yang besar seperti pohon palem bukan?

Sebaiknya pilihlah tanaman-tanaman yang tidak akan merambat dan ukurannya cukup mini. Misalnya saja tanaman bunga-bungaan seperti melati, mawar, atau bahkan anggrek. Selain itu, Anda juiga bisa menambah kesan hijau pada halaman dengan menanam rumput hijau di bagian halaman. Jika Anda ingin menanam tumbuhan yang bisa bermanfaat, maka bisa memperhitungkan tanaman bumbu dapur seperti daun pandan, daun salam, atau pohon cabai.

Berikan Halaman Depan Pencahayaan yang Tepat

Menata halaman dengan lahan yang sempit memang cukup menantang. Selain harus bisa memanfaatkan lahan sebaik mungkin dan membarikan tanaman yang tepat, rupanya halaman yang sempit juga bisa diakali dengan pencahayaan. Memberikan pencahayaan yang tepat pada halaman, ternyata bisa membuat halaman depan akan terlihat luas dan tentunya indah.

Pencahayaan memang memberikan pengaruh yang besar pada tampilan halaman. Memasang lampu di titik strategis halaman, pastinya akan membuat halaman terlihat lebih luas dan menarik. Pencahayaan lampu yang tepat akan sangat membantu memberikan ilusi agar halaman depan rumah terlihat lebih luas.

Stone Garden

Stone garden atau taman bebatuan juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki halaman depan rumah yang sempit. Seperti namanya, halaman akan lebih banyak diisi dengan bebatuan dan bukannya rumput. Memang rumput bisa menambah kesan asri, tapi rumput membutuhkan perawatan yang ekstra. Jadi jika Anda cukup sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi rumput, maka bisa mempertimbangkan untuk membuat stone garden.

Stone garden juga bisa terlihat tetap asri asalkan Anda memberikan beberapa tanaman yang cantik di dalam pot. Tanaman yang sudah ditanam di pot akan terlihat lebih cantik dan estetik saat ditaruh di antara batu-batu. Jika tidak terlihat monoton, Anda juga bisa menggunakan batuan dengan warna atau jenis yang cukup berbeda. Selain bagian halaman, Anda juga bisa menata batu di bagian dinding agar suasana bisa terlihat lebih alami.

Itulah 4 tips mudah untuk menata halaman depan rumah yang sempit. Jika rumah Anda memiliki lahan yang sempit, tidak perlu khawatir jika rumah tidak akan bisa terlihat indah. Dengan mencoba tips di atas, pastinya halaman kecil Anda bisa terlihat lebih indah dan menawan.

Di Cluster Carona Park di CitraRaya Tangerang Anda bisa memiliki rumah dengan halaman rumah yang bisa Anda dekor dengan mudah, dengan harga mulai Rp 495 Juta. Selain itu, ada juga berbagai macam pilihan ukuran rumah yang bisa dipilih sesuai keinginan Anda. Untuk mendapatkan informasi yang lengkap, anda dapat menklik link berikut ini.

Pricelist Cluster Carona Park

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE