oleh

KM Bahari Indonesia Rute Jakarta-Pontianak Terbakar di Laut Jawa

LENSAPENA | Kapal Motor (KM) Bahari Indonesia dengan rute Jakarta-Pontianak terbakar di Perairan Laut Jawa, Selasa 21 Juli 2020 sekitar pukul 15:30 WIB. Informasi yang didapat dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, kapal tersebut mengalami kebakaran di posisi maindeck, dan kemungkinan api bersumber dari mobil yang dibawa dalam kapal tersebut.

Hendra Sudirman selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, menjelaskan, informasi tersebut diterima oleh Basarnas Jakarta berdasarkan laporan dari agen KM Bahari Indonesia sore tadi.

Menurutnya, agen KM Bahari Indonesia menyebutkan bahwa pihaknya menerima telepon dari Khafid (Nakhoda) KM Bahari Indonesia bahwa kapal telah terbakar hingga akhirnya sambungan telepon terputus, kemudian saat dihubungi kembali nomor telepon tersebut sudah tidak terhubung.

“Kami terima informasi selasa sore dari call centre 115 BASARNAS dan kemudian mengerahkan KN SAR 103 Wisnu dari Pelabuhan Tanjung Priok untuk melakukan operasi SAR terhadap kapal yang terbakar,” ujar Hendra Sudirman.

Ia juga mengungkapkan, pihak dari agen KM Bahari Indonesia juga sudah mengirimkan KM Bahari 3, kemudian dari pihak Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) mengirimkan KN Alugara menuju lokasi kejadian.

“Estimasi perjalanan menuju lokasi memakan waktu tempuh kurang lebih 9 atau 10 jam menuju lokasi kejadian, kami berharap alut kami bisa lebih cepat dari perhitungan waktu sebenarnya dan korban berhasil diselamatkan,” tambah Hendra.

Berdasarkan informasi dari agen kapal, KM Bahari Indonesia membawa penumpang kurang lebih sekitar 26 orang dengan data-data sebagai berikut:

1. Khafid (Nakhoda)
2. Deri Irianto
3. Jandres Hendrikus L
4. Dwi Agus Muryanto
5. Fransiskus Andang
6. Ikhwan Nurcahyo
7. Fauzi Pratama Putra
8. Moh. Massus
9. Achmad Slamet Darmawan
10. Ahmad Ashifudin
11. Muhammad Fadil
12. Bambang Edy Purwanto
13. Nasikin
14. Nofrizal
15. Imam Buuchori
16. Kasiro
17. Purwanto
18. I Ketut Sudiarsana
19. Slamet Mulyono
20. Adi Saputra
21. Oza Apriliasyah
22. Doni Afrika Pratama
23. Rio Hari Ananta
24. Yanuar Rudiansyah
25. Valmon Emiga Aritonang
26. Khediv Abil Qois

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE