oleh

Baung, Nokturnal Air Tawar Ini Ternyata Bahan Olahan Kudapan Lezat

LENSAPENA | Bagi warga Sumatera Selatan atau Palembang, ikan baung bukan lah hal yang asing, karena jenis ikan air tawar ini menjadi salah satu kuliner favorit orang-orang di daerah tersebut, yaitu pindang baung.

Ikan baung sendiri adalah nama segolongan ikan yang termasuk ke dalam marga Hemibagrus, atau suku Bagridae. Ikan ini menyebar luas di India, Cina Selatan, dan Asia Tenggara ini termasuk di Indonesia yaitu Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah dan sekitarnya.

Sebagian orang menganggap bahwa ikan baung adalah ikan keting atau lundu.

Yang membedakan ikan keting dengan ikan baung adalah, ikan keting atau lundu bentuknya lebih kecil dibanding baung. Keting sendiri adalah ikan jenis Catfish dan termasuk kedalam marga Mystus. Di beberapa daerah keting memiliki penyebutan yang berbeda-beda seperti kating, sengat, ndaring, kelibere, ririgi, senggiringan dan lain sebagainya. Sedangkan ikan baung adalah termasuk kedalam marga Hemibagrus, dan ukurannya lebih besar dari keting atau lundu.

Sama halnya seperti ikan bauk, ikan keting dapat ditemukan di perairan air tawar yang dapat hidup di sungai, rawa-rawa, danau dan muara sungai. Ikan ini juga masih sekerabat dengan lele (bangsa Siluriformes). Ikan baung dan ikan keting juga termasuk ke dalam ikan pemakan segalanya atau omnivora. Kedua ikan ini memiliki patil yang lumayan sakit jika tertusuk kulit kita, hanya saja patil ikan baung lebih panjang.

Ikan baung secara umum bersifat noktural, yakni mencari makan pada malam hari.

Perbedaan lain antara keting dan baung: ikan kating kurang diminati karena memiliki banyak duri, sedangkan ikan baung lebih banyak peminatnya. Tekstur daging ikan baung lebih lembut, berwarna putih, tebal tanpa duri halus, sehingga banyak yang menggemari olahan ikan ini. Dan, warna ikan baung yang sudah dewasa lebih cendrung memiliki warna coklat kehijauan sedangkan ikan keting yang sudah dewasa cendrung putih kehitaman.

Nah, bicara soal ikan baung ini, bagi kalian yang penasaran bagaimana lezatnya pindang ikan baung ini, ada salah satu rumah makan yang menyediakan kuliner khas Sumatera Selatan ini, yaitu Rumah Makan Pindang Patin Pagar Alam di Jalan MH. Thamrin No. 130, Kebon Nanas, Cikokol, Kota Tangerang atau di Sari Sanjaya di The Flavour Bliss II, Jalan Alam Sutera Boulevard No.15 Kota Tangerang.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE