oleh

Empat Langkah Pemkab Tangerang Pilihkan Ekonomi Dampak COVID-19

LENSAPENA | Dampak yang paling dirasakan akibat COVID-19 adalah ekonomi. Karena, selama pandemi virus asal Wuhan-Tiongkok tersebut berlangsung banyak aktivitas ekonomi yang lambat bahkan ada beberapa sektor nyaris tak bergerak dan mandek sama sekali.

Sebagai contoh, banyak perusahaan di sektor indstri dan tempat usaha lainnya tidak berproduksi atau beroperasi, buruh di-PHK, dunia perdagangan menurun, serta produktivitas pertanian, peternakan dan perikanan menurun.

Nah, dalam mengatasi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Bupati, Ahmed Zaki Iskandar, sudah menyiapkan empat langkah pemulihan perekonomian dampak COVI-19. Ada 3000 kuota yang sudah disiapkan dalam sektor permodalan.

Empat langkah tersebut adalah:

Pertama
Skema bantuan subsidi bunga. Skema ini memberikan bantuan subsidi bunga pada debitur atau nasabah BUMD Kabupaten Tangerang yang meliputi: Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Artha Kerta Raharja, BPR Kerta Raharja, serta nasabah UPTD Pendanaan Dana Bergulir (UPDB) Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang. Dibayarkan oleh APBD Kabupaten Tangerang dan dimulai bulan Maret sampai dengan bulan Desember 2020.

Kedua
Skema bantuan pertanian. Skema ini membantu sektor usaha pertanian sebagai upaya dari pengurangan dampak ekonomi pasca COVID-19 pada para petani dan peternak yang dimulai dari upaya pemberian sarana prasarana, pembelian produksi gabah atau beras petani, pengadaan cadangan pangan, hingga pengembangan usaha peternakan dan pertanian. Skema bantuan ini diharapkan untuk terwujudnya ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Tangerang. Selain itu agar usaha sektor pertanian dan peternakan tetap dapat berjalan dan dapat membantu meningkatkan derajat masyarakat petani di desa-desa.

Tiga
Skema bantuan perikanan. Skema bantuan perikanan ini bertujuan untuk membantu sektor keberlanjutan usaha perikanan yang meliputi nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan. Ini juga bagian dari kegiatan ketahanan pangan dalam pemenuhan kebutuhan protein masyarakat. Selain itu juga agar kegiatan perikanan seperti penangkapan, budidaya ikan, dan pengolahan ikan dapat berjalan.

Empat
Skema bantuan permodalan melalui aplikasi SIBAMAS (sistem bantuan masyarakat). Ini merupakan rancangan program dari Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk masyarakat, khususnya bagi peningkatan usaha mikro kecil dan tenaga kerja yang terdampak PHK akibat COVID-19 di Kabupaten Tangerang. Program bantuan permodalan ini akan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang dengan mekanisme bantuan sebesar 5 sampai 10 juta rupiah perorang, yaitu untuk meningkatkan usahanya dan juga menumbuhkan wirausaha baru dari tenaga kerja yang di PHK.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE