oleh

Geblek, Kenyal-kenyal Gurih dan Hangat dari Bumi Kulonprogo

LENSAPENA | Banyak yang mengira bahwa geblek adalah cireng. Namun berbeda: meskipun sama-sama terbuat dari tepung tapioka kanji geblek adalah geblek, yaitu makanan khas daerah Kabupaten Kulonprogo. Namun geblek juga bisa ditemukan di daerah Kabupaten Purwirejo dan Kabupaten Wonosobo. Pun demikian, di masing-masing daerah ini memiliki citavrasa yang khas, termasuk cara penyajian kuliner berwarna putih dan berbentuk bulat-bulat angka delapan tersebut.

Di Kulonprogo, geblek biasanya dijasikan dengan tempe benguk. Tempe benguk adalah tempe yang terbuat dari biji benguk yang berwarna hitam. Menurut para penikmatnya, geblek dan tempe benguk merupakan perpaduan yang sangat tepat.

Geblek memiliki tekstur kenyal ketika dikunyah. Geblek lebih enak dihidangkan dan disantap ketika masih panas, karena apabila sudah dingin geblek akan terasa lebih keras dan berkurang rasa gurihnya.

Nah, buat kalian yang ingin membuat kuliner geblek, berikut tim lensapena.id merangkum dari berbagai sumber. Cara pembuatan geblek ini sangatlah mudah, sederhana dan cepat. Bahan-bahan untuk membuatnya pun mudah didapat, yaitu tepung kanji, bawang putih dan juga garam. Meskipun cara membuatnya mudah, namun butuh ketlatenan tersendiri. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

Geblek khas Kulonprogi disajikan dengan rempe benguk.

Di daerah asalnya Kulonprogo, bahan pembuatan geblek ini, yaitu tapioka kanji diambil langsung dari parutan singkong yang diperas dan ditiriskan. Lalu sebagian ampas bekas parutan singkong yang sudah dipisakan dengan sari patinya (tapioka), sedikit dicampurkan dengan adonan tapioka yang sudah diberi bumbu bawang putih dan garam. Sehingga cita rasa singkong menjadi ciri khas geblek Kulonprogo tersebut.

Langkah berikutnya:

  • Kukus tepung kanji (atau yang sudah dicampur sedikti ampas singkong) sampai memadat tapi tidak sampai matang
  • Tiriskan lalu plintir-plintir sampai lonjong dengan dibumbui garam
  • Kemudian kukus sebentar sekitar 10 menit
  • Tiriskan lagi lalu bumbui dengan bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Bentuk seperti angka delapan lalu goreng.

Buat kalian yang ingin mencicipi kelezatan dan kenikmatan dari geblek ini bisa ditemui di pasar-pasar yang terdapat di Kulon Progo. Ada yang sudah dijual dalam kondisi matang dan sudah digoreng. Ataupun juga dalam bentuk setengah matang, tinggal menggorengnya sendiri. Jangan lupa juga untuk membeli tempe benguk untuk dicoba bersama dengan geblek.

Selain banyak ditemui di pasar-pasar tradisional di daerah Kulonprogo, dulu geblek juga banyak ditemui ketika malam 1 Suro di Puncak Suroloyo. Penjaja kuliner geblek ini banyak dijajakan di sepanjang jalan menuju Puncak Suroloyo.

Untuk kalian yang tinggal di daerah Tangerang dan sekitarnya, bisa menemukan kuliner geblek ini di setiap kegiatan gelar budaya seni tradisional kelompok seniman dari daerah Kabupaten Purworejo. Karena penggiat kuliner geblek ini biasanya orang-orang urban asal daerah Purworejo yang sudah menetap di daerah Tangerang. Namun geblek yang disajikan warga urban asal Purworejo ini geblek khas Purworejo. Namun meskipun memiliki ciri khas cita rasa ala daerah Purworejo, kalian bisa tetap menikmati sensasi kenyal dan gurihnya geblek yang sering kali disama-samakan dengan cireng.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE