oleh

Ini Keunikan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Istana Negara

LENSAPENA | Upacara Detik-detik Proklamasi dalam Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Istana Negara Jakarta, Senin 17 Agustus 2020, digelar sederhana dan terbatas, serta dengan protokol kesehatan COVID-19. Menurut surat edaran Menteri Sekretaris Negara, petugas upacara di Istana, total hanya berjumlah 67 orang. Selebihnya, upacara diikuti secara daring.

Ada yang unik dalam upacara HUT Kemerdekaan RI kali ini, pantauan dari akun Youtube Sekretariat Presiden, seluruh peserta upacara didominasi dengan balutan busana tradisional, baik Presiden RI Joko Widodo. Termasuk Pasukan Pengaman Presiden, semua mengenakan pakaian serba tradisional. Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sejumlah pejabat turut hadir langsung dalam upacara tersebut, di antaranya adalah Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sosial Juliari Batubara, dan beberapa pejabat lain, yang juga mengenakan busana adat tradisional.

Dalam upacara HUT Kemerdekaan RI kali ini hanya terdapat tiga orang anggota Paskibraka yang mengibarkan duplikan bendera pusaka, Merah Putih. Tiga anggota Paskibraka Nasional 2020 yang ditugaskan mengibarkan Sang Merah Putih ini adalah Tim Sabang yang terdiri dari Indrian Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. LIndrian lahir di Bireuen, 10 November 2003, dan saat ini menempuh pendidikan di SMAN 1 Bireuen.

Dua orang lainnya dari tim tersebut adalah Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek bendera.

Paskibraka 2020 yang bertugas ini telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, 13 Agustus 2020, di Istana Negara. Mereka telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Tampil sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A. Pria kelahiran Kediri, 16 Februari 1977 ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1998. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Paspampres. Sebelumnya, Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor juga pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0506/Tangerang.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Syafruddin. Pria kelahiran Wajo, 3 Agustus 1964 tersebut, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Brigadir Jenderal TNI Syafruddin merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

 

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE