oleh

Inilah Lima Aktor yang Pernah Memerankan Sosok Ir. Sukarno dalam Film

LENSAPENA | Sebagai seorang Proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Sukarno atau Ir. Soekarno menjadi sosok yang inspiratif dan sangat berpengaruh. Tidak hanya bagi bangsa Indonesia tetapi juga dunia. Sehingga tak heran, banyak sekali orang yang mengidolakan, sampai-sampai ingin berpenampilan seperti dirinya.

Sebagai Bapak Bangsa, kisah yang berhubungan dengan Ir. Sukarno atau Bung Karno ini kerap kali diangkat dalam film layar lebar.

Dalam film-film bertemakan atau yang berhubungan dengan tokoh sekaligus Pahlawan Nasional berjuluk “Putra Sang Fajar” tersebut, tentu saja diperankan oleh aktor-aktor yang bepengalaman dan memiliki pengetahuan tentang ke-Soekarnoan. Karena sang aktor pasti akan dituntut untuk bisa memerankan sosok Ir. Sukarno ini semirip mungkin, dan harus benar-benar mampu menjadi Bung Karno, baik secara dialog, karakter, maupun gestur dalam setiap peran yang dimainkan sebagai tokoh tersebut.

Sebagai seorang aktor yang bisa memerankan tokoh Ir. Soekarno, tentu juga akan menjadi kebanggaan tersendiri. Karena peran sebagai Ir. Soekarno ini tidak bisa diperankan oleh semua aktor per-film-an, alias orang-orang pilihan.

Nah, siap saja aktor yang pernah berperan sebagai Bung Karno dalam film? Berikut rangkumannya!

1. Umar Kayam

Umar Kayam (Istimewa)

Aktor yang pernah berperan sebagai Bung Karno adalah Umar Kayam. Ia berperan sebagai sosok Ir. Soekarno di usia sekitqr 64 tahunan, yaitu dalam film “Pengkhianatan G-30 S/PKI”.

Umar Kayam yang lahir di Ngawi, Jawa Timur, 30 April 1932 dan meninggal di Jakarta, 16 Maret 2002 pada umur 69 tersebut adalah seorang sastrawan, sosiolog dan guru besar di Fakultas Sastra di Universitas Gadjah Mada (1988-1997) ini, mendapatkan kesempatan untuk memerankan karakter Ir. Soekarno dalam film “Pengkhianatan G-30 S/PKI” garapan Arifin C Noer.

Dalam film ini sosok Ir. Soekarno digambarkan dalam kondisi sakit. Sehingga, dalam film tersebut Ir. Soekarno yang diperankan oleh Umar Kayam ini dihadirkan dengan ekspresi wajah yang terlihat lemah dan lelah kalq harus menghadapi persoalan bangsa yang cukup berat.

2. Anjasmara

Anjasmara (Istimewa)

Berikutnya adalah Anjasmara. Aktor Anjasmara lahir di Blitar, Jawa Timur pada 13 November 1975. Anjarmara sendiri merupakan putra tiri dari Rachmawati Soekarnoputri, yang juga salah satu putri dari Soekarno.
Anjasmara terbilang cukup sering memerankan karakter Ir. Soekarno. Bukan saja dalam film layar lebar, tetapi lewat film televisi dan beberapa panggung teater.

Suami Dian Nitami ini memang memiliki kemampuan akting yang memumpuni dalam memerankan karakter Soekarno dalam film televisi “Pustaka Tokoh Bangsa” yang merupakan garapan dari Garin Nugroho.

Tak hanya itu, kemampuan aktingnya dalam memerankan Ir. Soekarno juga ia pamerkan dalam beberapa panggung teater, salah satunya dalam pementasan “Dharma Gita Maha Guru”.

3. Tio Pakusadewo

Tio Pakusadewo (Istimewa)

Tidak hanya sebagai penggagas film yang berjudul “Pantja-Sila: Cita-Cita dan Realita” yang dibantu oleh Tino Saroengallo, dalam film yang berdurasi 80 meniit ini, Tio Pakusadewo juga berperan sebagai sosok Ir. Soekarno yang mencoba membangkitkan kembali pidato Bapak Bangsa di hari kelahiran Pancasila.

Dalam film tersebut Tio Pakusadewo berupaya mengembalikan semangat Ir. Soekarno saat sedang berorasi di momen itu. Tio mencoba untuk membawakan pidato tersebut dengan lantang, spontan dan perasaan semangat yang berapi-api.

4. Baim Wong

Baim Wong (Istimewa)

Baim Wong juga pernah memerankann sososk Soekarnio dalam film “Ketika Bung di Ende”. Film garapan Viva Westi ini mengisahkan tentang sosok Ir. Soekarno saat diasingkan di Ende, Nusa Tenggara Timur, pada tahun 1934 karena aktivitas politik.

Dalam film ini, peran Baim menggambarkan keteguhan hati seorang Ir. Soekarno dalam masa pengasingannya. Kala itu, Ir. Soekarno kesulitan dalam berkomunikasi dengan masyarakat, karena ketakutannya dengan tentara Belanda yang selalu mengikutinya kemana pun Ia pergi.

Baim mencoba menghadirkan sifat Ir. Soekarno, dari mulai mimik wajah hingga tingkah yang melekat dengan “Putra Sang Fajar” tersebut. Tidak banyak scene Baim di dalam film tersebut. Tetapi ia sukses menggambarkan ketegasan dan ketegaran seorang Ir. Soekarno dalam mennghadapi situasi bangsa saat itu.

5. Ario Bayu

Aryo Bayu (Istimewa)

Ario Baayu merupakan aktor yang memerankan sosok Presiden RI pertama dalam film yang berjudul “Soekarno: Indonesia Merdeka”. Film garapan Hanung Bramantyo ini menceritakan tentang kehidupan, perjalanan politik dan juga menghadirkan drama percintaan Soekarno.

Walapun sempat ada kritikan dari salah satu putri Ir. Soekarno, yaitu Rachmawari, yang mengatakan bahwa Ario Bayu tidak cocok dalam memerankan sosok Ir. Soekarno, namun, Ario Bayu berusaha untuk mengeluarkan kharisma Soekarno sebagai seorang lelaki yang bertubuh tegap.

Dalam film ini juga, Ario dituntuk untuk bisa menggambarkan konflik batin yang dialami Soekarno ketikaIa menambatkan hatinya pada seorang gadis bernama Fatmawati, yang diperankan oleh Tika Bravani saat statusnya masih menjadi suami seorang Inggit Ganarsih yang diperankan oleh Maudy Koesnaedi.

Ario juga berusaha menghadirkan sifat pemimpin yang dimiliki Soekarno. kemampuan akting Ario diuji saat harus berorasi di depan masyarakat. Hal ini dikatenakan Soekarno terkenal dengan suaranya yang lantang dan ketegasan saat sedang melakukan orasi.

Itulah lima aktor yang pernah memerankan sosok Bapak Bangsa sekaligus Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Diantara beberapa aktor diatas, mana yang menjadi pemeran Ir. Soekarno favoritmu?

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE