oleh

Kekayaan Budaya Kabupaten TTS Selain Pakaian Adat yang Dikenakan Jokowi

LENSAPENA | Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan ibukota Kota Soe. Daerah ini memiliki seni tradisional yaitu Tarian Okomana dan Tarian Perang yang merupakan kasanah budaya orang Timor, khusunya Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Tarian ini masih tetap dipelihara dan dipertahankan secara turun temurun sebagai kekayaan kearifan lokal di daerah tersebut.

Selain Tarian Okkmana dan Tarian Perang, daerah ini juga memiliki kuliner khas yang juga memperkaya warisan budaya di daerah tersebut, yaitu Bose, Jagung Katemak, Sambal Lu’at, Jagung Titi, Daging Se’i.

Nah, bicara soal daerah yang berada di wilayah timur Indonesia ini, pada momentun HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, daerah tersebut menjadi banyak perbincangan, yaitu ketika pakaian tradisional atau adat daerah tersebut dikenakan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara Detik-detik Proklamasi dalam HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di Istana Negara, Sanin 17 Agustus 2020.

Presiden Jokowi dengan pakaian tradisinal Kabupaten TTS (dok.setneg.go.id)

Kain yang dikenakan Presiden Jokowi dalam busana tardisional ini adalah kain tenun kaif berantai Nunkolo. Motif yang tertuang di kain tersebut ternyata sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah, yang berarti sumber air dan bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok.

Ada makna tersendiri juga di balik warna merah yang dipilih Presiden Jokowi di momen bersejarah itu. Merah melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo. Lalu, penggunaan aksesori pun bukan sekadar pemanis tampilan, tetapi ada makna mendalam di baliknya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE