oleh

Kuliner Warisan Nusantara Khas Timor Tengah Selatan Ini Bikin Ngiler

LENSAPENA | Pasca upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI, nama daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tiba-tiba mendatang viral dan banyak disebut di media, baik media sosial maupun mainstream.

Ada apa, ya? Ehem, termyata karena busana tradisional daerah tersebut dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara tersebut.

Nah, selain memiliki busana tradisional yang khas dan menjadi salah satu kebangaan budaya Nusantara, daerah ini ternyata memiliki makanan khas yang tentu saja lezat dan bisa bikin ngiler.

Apa saja kuliner khas Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tersebut? Yuk, baca artikel di bawah ini!

Daging se’i

Daging se’i (Istimewa)

Bagi masyarakat Timor Tengah Selatan daging se’i merupakan makanan yang sangat terkenal. Tidak hanya di daerah asalnya tersebut, rasa dan ciri khas daging se’i ini ternyata terkenal juga hingga sampai diluar negeri.

Ada dua jenis daging se’i khas Kabupaten TTS, yaitu daging se’i babi dan daging se’i sapi. Cara pembuatanya cukup mudah yaitu daging dipotong tipis dan memanjang kemudian diasapkan sampai daging tersebut berwarna kecokelatan.

Daging se’i ini sangat mudah dijumpai bila kamu berada di daerah TTS bahkan kamu dapat mejumpainya di Kupang lho.

Jagung katemak

Jagung ketamak (Istimewa)

Jagung katemak merupakan salah satu makanan khas NTT yang berbahan dasar jagung. Cara pengolahan jagung katemak ini direbus terlebih dahulu sampai “noe” (bahasa yang biasa dipakai oleh orang TTS) atau sampai jagung tersebut terasa lembut.

Setelah itu, dicampur dengan daun pepaya, arbila, daun kelor dan bunga pepaya. Bila campuran di atas telah masak, keluarkan dan siap disantap.

Jagung bose

Jagung bose (Istimewa)

Makanan khas Timor  Tengah Selatan (TTS) yang kedua adalah bose. Bose tak berbeda jauh dari jagung katemak yaitu sama-sama berbahan dasar dari jagung. Namun, bila jagung katemak langsung direbus berbeda dengan bose yang harus ditumbuk terlebih dahulu sampai kulit dari jagung tersebut keluar.

Setelah itu, bose disebersihkan kemudian dimasak sampai mendidih. Bose juga biasanya dicampur bersama daun singkong dan kacang tanah. Bose paling cocok dimakan bersama dengan ikan dan samabl lu’at.

Jagung titi

Jagung titi (Istimewa)

Makanan khas TTS yang keempat adalah jagung titi. Jagung titi kali ini berbeda dengan bose dan jagung katemak meski sama-sama berbahan dasar jagung namun, cara pengolahannya berbeda.

Jagung titi biasanya digoreng terlebih dahulu sampai berwarna cokelat lalu dititi sampai penyet. Makanya disebut dengan jagung titi. Meski cara pembuatannya terbilang mudah, namun rasa jagung ini sangat renyah dan sangat original.

Sambal lu’at

Sambal lu’at (Istimewa)

Makanan khas TTS yang ketiga adalah sambal lu’at. Sambal luat merupakan perpaduan antara cabe merah kecil dan daun kemangi atau daun sipa yang kemudian goreng bersama-sama sampai layu. Bumbu untuk sambal ini adalah garam dan masako saja lho. Namun, rasa dan aromanya juara.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE