oleh

Lahan Tidur Seluas 3 Hektar Disulap Jadi Perkebunan Jagung

LENSAPENA | Program ketahanan pangan dalam rangka penguatan pangan di tengah COVID-19 di wilayah hukum Polresta Tangerang semakin bergeliat. Mulai dari penanaman palawija hingga penyebaran bibit ikan lele.

Kali ini, di wilayah Polsek Balaraja menyulap lahan tidur seluas kurang lebih 3 hektare di Kampung Kongsi Desa Buniayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang menjadi perkebunan jagung hibrida. Pemanfaatan lahan tidur yang merupakan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang tersebut dilakukan oleh Polsek Balaraja bersama dengan Koramil 05 Balaraja.

“Pembukaan lahan telah selesai dilakukan, hari ini mulai ditanami benih jagung hibrida. Penanaman sendiri dilakukan oleh kelompok tani yang telah ditunjuk,” kata Kapolsek Balaraja Kompol Teguh Kuslantoro, Minggu 16 Agustus 2020.

Kapolsek menuturkan, untuk mencegah masuknya hewan ternak milik warga ke area lahan pertanian tersebut dilakukan pemagaran menggunakan jaring.

“Optimalisasi pemanfaatan lahan tidur ini merupakan program ketahanan pangan yang berkelanjutan guna meningkatkan produktivitas masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19,” ujarnya.

Kompol Teguh berharap, dengan optimalisasi pemanfaatan lahan tidur menjadi tempat bercocok tanam dapat menunjang ekonomi mandiri masyarakat di Desa Kongsi.

“Semoga dengan pemanfaatan lahan ini nantinya dapat menunjang ekonomi warga masyarakat. Apabila dikelola dengan baik maka hasil dari pertanian ini pun dapat memuaskan,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE