oleh

Lomba 17-an di Wilayah Ini Menjadi Media Kampanye Protokol Kesehatan

LENSAPENA | Lomba kebersihan lingkungan dalam semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesi (RI) atau 17-an di lingkungan RT 03/06 Kompleks Perumahan Mekar Asri II, Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang menjadi media untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya protokol COVID-19 di wilayah tersebut.

Ketua RT 03/06 Kompleks Mekar Asri II, Hermanto Wijaya, menjelaskan bahwa dalam perlombaan ini, protokol COVID-19 seperti tempat cuci tangan atau hand sanitizer di setiap gang yang mengikuti lomba menjadi penilaian khusus, di samping semarak atribut merah putih dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI, serta kebersihan lingkungan. Hermanto berharap, melalui lomba ini warganya semakin sadar dengan bagaimana pentingnya protokol COVID-19 dalam rangka mencegah dan memutus rantai virus asal Wuhan-Tiongkok yang hingga saat ini masih menjadi pandemi di Kabupaten Tangerang, bahkan di hampir semua negara di dunia.

“Kita berharap, melalui kegiatan ini bisa menjadi kebiasaan baru warga dalam menerapkan protokol COVID-19, meskipun sudah sejak awal di setiap gang sudah menerapkannya, seperti memasang tempat cuci tangan, hand sanitizer dan lain sebagainya. Tapi dengan adanya perlombaan dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, kesadaran warga semakin bertambah,” papar Hermanto usai mengikuti proses penilaian lomba, Senin 17 Agustus 2020 malam.

Dalam momentum HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini, kata Hermanto, pihaknya memang tidak menggelar perlombaan yang bersifat mengumpulkan warga atau massa. Namun untuk memacu kreativitas anak-anak, ia mengajak karang taruna di ke-RT-annya untuk melakukan lomba lewat video digital. Hal ini dilakukan, selain mencegah penyebarabn COVID-19 di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka mencegah dan memutus rantai COVID-19, juga untuk membangkitkan semangat patriotik dan kebangsaan kepada generasi muda, terutama anak-anak agar tidak kehilangan moment bersejarah yang setiap tahunnya sangat dinanti kemeriahannya.

Tempat cuci tangan dan handsanitizer yang menjadi salah satu penilaian dalam lomba kebersihan lingkungan di RT 03/06 Kompleks Mekar Asri II.

Selain itu juga sebagai upaya mengajak anak-anak, terutama remaja dalam memanfaatkan teknologi digital atau gadged untuk kegiatan dan hal-hal yang positif. Karena menurut Hermanto, sudah saatnya pula generasi millenial saat ini berani berintegrasi dalam memacu kreativitasnya dengan memanfaatkan teknologi yang sudah begitu canggih itu.

“Seperti lomba menyanyi lewat video, atau baca puisi, tiktok dan lain sebagainya, ini adalah sesuatu yang baru dan belum pernah dilakukan mereka dalam ajang perlombaan. Makanya ini kita angkat dalam moment hari kemerdekaan ini. Jadi, kita mengambil sisi positif, tetap mengikuti anjuran pemerintah, dan anak-anak masih tetap bisa kreatif meski pun hanya berada di rumah masing-masing,” tandasnya.

Di moment peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di wilayah RT 03/06 Kompleks Mekar Asri II ini juga akan digelar lombe tumpeng. Dalam perlombaan tumpeng kali ini, akan diikuti oleh tujuh gang di wilayah RT tersebut. Ada yang berbeda dalam penilaian lomba tumpeng kali ini, karena dewan juri yang akan datang ke setiap gang memberikan penilaian, itu pun dengan menerapkan protokol COVID-19.

Syarifudin, salah seorang warga RT 03/06 Kompleks Mekar Asri II menyambut positif kegiatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang digagas oleh pengurus RT dan karang taruna tersebut. Karena, di saat lingkungan lain banyak membuat kegiatan yang berkerumun, di wilayahnya menggagas kegiatan yang kreatif dan bisa menginspirasi warga lainnya dalam memaknai kemerdekaan di tengah pandemi COVID-19. Dengan memanfaatkan media digital dalam ajang lomba, akan lebih memacu anak-anak untuk tetap kreatif. Apalagi ada lomba mengkampanyekan pentingnya protokol kesehatan dan cara cuci tangan yang benar lewat video, menurut Syarefudin, ini adalah ajang yang positif untuk mengajak anak-anak untuk ikut andil dalam program pemerintah melawan COVID-19 dengan cara-cara yang kreatif dan cerdas.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE