oleh

Penyelesaian Kasus Perceraian, PA Jakarta Barat Luncurkan Enam Aplikasi

LENSAPENA | Enam aplikasi berbasis Android dan iOS diluncurkan Pengadilan Agama Jakarta Barat. Aplikasi ini diluncurkan untuk melengkapi empat aplikasi yang sudah diluncurkan sebelumnya.

Direktorat Jendral Badan Pengadilan Mahkamah Agung Republik Indonesia, Aco Nur mengaku, enam aplikasi ini sangat baik untuk mendukung kebijakan dari Mahkamah Agung yang melayani masyarakat secara cepat, sederhana dan ringan.

“Dan enam aplikasi yang kami luncurkan itu mendukung semua kebijakan MA dalam rangka percepatan pelayanan perkara,” ujar Aco, Jumat 28 Agustus 2020.

Aco melanjutkan, enam aplikasi itu terdiri dari Sistem Informasi Managemen Keuangan Perkara (Simekar), Drive Thru atau pengiriman akta cerai dan salinan putusan, Sistem Informasi Pengambilan Salinan Secara Mandiri (Si Absari).

Kemudian, keempat aplikasi Elektronik Survei Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Korupsi (e-KeMas), dan Sistem Informasi Manajemen Surat Masuk dan Surat Keluar (SMART),” ungkap dia.

Ia berharap, dengan adanya aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam pengurusan perceraian tanpa harus datang ke Kantor Pengadilan Agama Jakarta Barat. Mengingat saat ini Jakarta masih dihantui oleh wabah COVID-19.

“Karena segala bentuk proses cerai mulai dari pendaftaran, sidang, hingga penyerahan berkas bisa dilakukan secara online. Dengan demikian upaya memutus mata rantai COVID, berhasil kami terapkan,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE